Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0

Arsyad Abd. Gani, Saddam Saddam

Abstract


Abstrak: Tuntutan pembelajaran era milenial adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. Revolusi industri 4.0 sangat mempengaruhi aspek kehidupan baik pendidikan, sosial, politik, budaya, dan ekonomi. Dibidang pendidikan teknologi dimanfaatkan beragam baik pra-pembelajaran, proses pembelajaran maupun pasca pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran interaktif pendidikan kewarganegaraan melalui mobile learning di era industri 4.0. Metode dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah library research. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yakni dari buku, makalah, artikel, jurnal dan sebagainya yang relevan. Analisis data menggunakan content analysis, guna mendapatkan invensi yang kredibel dan dapat digunakan atau diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Untuk menjaga ketepatan hal yang dikaji dan guna mencegah kesalahan informasi yang diungkap dalam analisis data, maka dilakukan pengecekan antar pustaka dari referensi-referensi yang digunakan. Selain itu membaca ulang pustaka-pustaka yang digunakan juga sangat penting serta memperhatikan komentar teman sejawat. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa peran teknologi dalam pembelajaran PKn sangat membantu proses pembelajaran, menjadi sarana kreasi, inovasi, dan pengembangan diri untuk belajar mandiri dan terarah. Pembelajaran Interaktif PKn di Era Revolusi Industri 4.0 membantu mempercepat proses belajar  jika digunakan dengan bijak sesuai kebutuhan materi pembelajaran. Penggunaan Mobile Learning dalam pembelajaran PKn mampu mengoptimalkan ketepatan dalam menangkap materi pembelajaran, sarana sumber pembanding dalam materi pembelajaran, dan mampu membangkitkan motivasi pembelajaran.

Abstract: The demands of millennial learning are optimizing technology utilization. The 4.0 Industrial Revolution greatly affects the life aspects of both education, social, political, cultural, and economic. The field of technology education is used to vary both pre-learning, learning process, and post-learning. The research aims to analyze and describe the interactive learning of citizenship education through mobile learning in the 4.0 industrial era. The method and approach of the research used is library research. Collection of data using documentation, i.e. from books, papers, articles, journals and so on relevant. Data analysis uses content analysis, to obtain credible inventions that can be used or researched based on context. To maintain the accuracy of the assessed and to prevent misinformation disclosed in the analysis of data, it is checked between libraries from the references used. In addition to rereading the libraries used are also very important as well as paying attention to peer comments. The results showed that the technological role in PKn-learning is very helpful to the learning process, becoming a means of creation, innovation, and self-development for independent and directional learning. PKn Interactive Learning in the Era of Industrial Revolution 4.0 helps accelerate the learning process if used wisely according to learning material needs. The use of Mobile Learning in PKn learning can optimize accuracy in capturing learning materials, comparative source means in learning materials, and able to inspire learning motivation.

Keywords


Interactive Learning, Mobile Learning, Industry 4.0.

Full Text:

PDF

References


M. Marsono, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya di Era Milenial,” in Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 2019, vol. 1, no. 1.

S. Saddam, D. L. Setyowati, and J. Juhadi, “Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang,” J. Educ. Soc. Stud., vol. 5, no. 2, pp. 128–135, 2016.

A. A. Firman and I. Asto B, “Pengembangan Media Pembelajaran ImindMap Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di SMK Negeri 2 Bojonegoro,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 4, no. 1, 2015.

W. Wahono, N. Sa’ida, and T. Kurniawati, “Pembelajaran Interaktif Media Film Pendek (Pendekatan Metode Demontrasi untuk menumbuhkan ketrampilan motorik kasar Unak Usia Dini),” PEDAGOGI, vol. 3, no. 3c, 2017.

M. Yahya, “Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia,” Pidato Pengukuhan Jab. Profr. Bid. Ilmu Pendidik. Kejuruan. Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Univ. Negeri Makassar. Makassar Univ. Negeri Makassar, vol. 14, 2018.

J. Traxler, “Learning in a mobile age,” Int. J. Mob. Blended Learn., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2009.

S. Sukamto, “Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Dalam Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Negara-Negara Tetangga Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 09 Kabawetan,” J. PGSD, vol. 9, no. 2, pp. 277–282, 2016.

C. Anwar, A. Saregar, U. Hasanah, and W. Widayanti, “The Effectiveness of Islamic Religious Education in the Universities: The Effects on the Students’ Characters in the Era of Industry 4.0,” Tadris J. Kegur. Dan Ilmu Tarb., vol. 3, no. 1, pp. 77–87, 2018.

M. Zed, Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2004.

S. Jonathan, “Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.” Graha Ilmu, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2014.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian, Jakarta: PT,” Rineka Cipta, p. 201:274, 2013.

A. Mirzaqon T, “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing,” J. BK Unesa, vol. 8, no. 1, 2017.

K. Krippendorff, Content analysis: An introduction to its methodology. Sage publications, 2018.

M. Hermann, T. Pentek, and B. Otto, “Design principles for industrie 4.0 scenarios,” in 2016 49th Hawaii international conference on system sciences (HICSS), 2016, pp. 3928–3937.

J. Lee, E. Lapira, B. Bagheri, and H. Kao, “Recent advances and trends in predictive manufacturing systems in big data environment,” Manuf. Lett., vol. 1, no. 1, pp. 38–41, 2013.

R. P. Wibawa and D. R. Agustina, “Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia,” Equilib. J. Ilm. Ekon. dan Pembelajarannya, vol. 7, no. 2, pp. 137–141, 2019.

A. Hartina, S. Hardhienata, and A. S. Aryani, “MODEL PEMBELAJARAN KIMIA KARBON BERBASIS GAME.”




DOI: https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_________________________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  
ISSN 2614-509X (Online) | ISSN 2338-9680 (Cetak)
Email: [email protected] | Contact: 085238445360
Tel / fax : (0370)-633723 / (0370)-641906

_______________________________________________

 

Creative Commons License

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sudah terindeks oleh:


 
     


CIVICUS Editorial Office: