Strategi Dinas Pariwisata Provinsi NTB Dalam Mempromosikan Distinasi Wisata Halal dan kuliner halal Di Kota Mataram

Nur Aini, Ahmad Hulaimi

Abstract


Wisata halal adalah semua tindakan atau aktivitas yang diperbolehkan menurut ajaran islam dalam industri pariwisata sedangkan pariwisata halal adalah kunjungan wisata dengan destinasi industry yang menyiapkan fasilitas produk pelayanan dan pengelolaan pariwisata yang memenuhi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di mana data dikumpulkan dari studi pustaka, observasi dan juga wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah untuk menunjang peningkatan infrastruktur pada objek-objek wisata, menciptakan panduan pengaturan dan pengawasan iklim bisnis di bidang pariwisata halal, dan juga mengembangkan kerjasama dengan BPPD, IHRA, ASITA dan lembaga terkait lainnya. hambatan yang dihadapi pemerintah daerah terkait dengan terbatasnya jumlah objek wisata yang dimiliki kota Mataram terutama jika dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Indonesia, sumber daya manusia yang tidak memadai untuk pariwisata, terbatasnya jumlah ahli pariwisata, terbatasnya sarana dan prasarana dalam objek, kurangnya kesadaran publik tentang pentingnya pariwisata khususnya wisata halal, dan kurangnya pengelolaan pedagang kaki lima di objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) mengetahui strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB dalam mempromosikan wisata halal, dan (2) untuk mengetahui apa saja tantangan dalam mempromosikan Destinasi Wisata Halal. Studi ini memberikan beberapa rekomendasi. Pertama, diharapkan bahwa pemerintah daerah meningkatkan promosi terutama pada atraksi atau objek yang masih belum diketahui oleh banyak Wisatawan dan masyarakat, agar memahami apa arti wisata halal dan wisata reliji serta bisa membedakan wisata halal dan konvensional.

Keywords


Strategi, Mempromosikan Destinasi Wisata Halal

Full Text:

PDF

References


A. Yoeti Oka Pengantar Ilmu , Edisi Revisi (Bandung: Penerbit Angkasa,2010),

Antari Ni Luh Sili “Peran Industri Terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kab.Gianyar,” Jurnal Perhotelan dan , Vol. 3 No.1 (TBL. 2013)

Anonim, (2015) www.disbudpar.ntbprov.go.id, 2015

Anonim, (2015) http;//gayahidup.republika.co.id/29 Maret 2016

Andre Hardjana2016 Komunikasi Organisasi Strategi & Kompetensi Kompas Media Nusantara Jakarta

Afifudin, 2012.Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit PT CV Pustaka Setia Bandung.

Battour, Mohamed and Mohd Nazari Ismail, “Halal Tourism: Concepts, Practices, Challenges And Future”

David, Mario. 2012. Skripsi. Strategi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan

Data Usaha Pariwisata (Direktori) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tahun 2012. DinasKebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram, (www.disbudpar.mataramkota.go.id), Tahun 2013.

Gunawan, 2014.Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Prakrek.Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Husen Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis ( Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004).

ISSN print 2087-1716 ISSN online 2548-7779 ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 9 Nomor 3 Desember 2017 Copyright © 2017 – ILKOM Jurnal Ilmiah -- All rights reserved | 325 ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN E- TOURISM SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA DI PULAU LOMBOK

Ismail Solihin. “Manajemen Strategik”,PT. Gelora Aksara Pratama,: (1 Maret 2012)

I Gde Pitana. Gayatri, P.G. Sosiologi Pariwisata(Yogyakarta:Andi,2005). Inu Kencana, Pengantar Ilmu Pariwisata ( Jakarta: Mandar Maju, 2009).

Ismayanti. Pengantar Pariwisata. (Bandung : Grasindo, 2010). Jurnal Sospol, Vol 4 No 2 (Juli – Desember 2018),

Jurnal Hamdan, H., Issa, ZM., Abu, N, dan Jusoff, K. 2013. Purchasing Decisions among Muslim Consumers of Processed Halal Food Products. Journal of Food Products Marketing. 19(1): 54-61.

Journal of Halal Product and Research (JHPR) Vol. 01 No.02, Mei-November 2018

Journal of Halal Product and Research (JHPR) Vol. 01 No.02, Mei- November 2018 © Copyright by Pusat Riset dan Pengembangan Produk Halal Universitas Airlangga | e-ISSN: 2654-9778

Jurnal Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wisata Syariah, 2015, oleh Asisten Deputi Penelitian Dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata, Jurnal – Artikel Muh. Baihaqi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram

Keith Butterick 2012 Pengantara Public Relations Teori dan Praktik PT. Raja Grafindo perkasa Jakarta

Kotler Philip, Dasar-Dasar Pemasaran, Penerbit PT. Midas Surya Grafindo, Jakarta, 1987.

Laksana, Fajar. 2010.Efektifitas Menejemen Pemasaran pariwisata. Yogyakarta; Graha Ilmu

Muhammad Budyatna 2012 Komunikasi Bisnis edisi pertama Kencana prenada media group Rawamangun.

Muhammad Djafar “Buku Dalam Perspektif Multidimensi” (Malang: UIN Maliki Press TBL 2017),

Nurdiansyah.2014. Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia.Bandung: Alfabeta

Oka,A.Yoeti.2015.Perencanaan.Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata.Jakarta:Pradnya Paramita

Perda No 2 Tahun 2016 Bab. II Pasal 15 Tentang Ruang Lingkup Buku Peraturan Daerah

Pendit, Nyoman. 2015. Ilmu Pariwisata : Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta :PT Pradnya Paramiata

Prof I Gede Pitana & Ketut Surya Diarta. 2015. Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Yogyakarta

Pahrul irfan,: Dengan Judul “Analisa Strategi Pengembangan -Tourism Sebagai Promosi Di Pulau Lombok : Jurnal Ilmiah Volume 9 Nomor, ( 3 Desember 2017).

Philip Kotler & Kevin Lane. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I Rahayu, Sripancara.2016. Pariwisata dan Ekonomi. Penerbit setia bandung. Sondang P.siagian2007 PT Bumi Aksara Jakarta ManajeMan startegi

Saladin, Djaslim dan Oesman, Yevis, Marty. 2003. Intisari Pemasaran. Edisi Kedua. : Medan: Media IPTEK

Sigit, Suhardi 2007. Marketing Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta:Penerbit Liberty.

Stanton,William J. 2006.Prinsip-prinsip Pemasaran., Jilid Kedua.Edisi Ketujuh.: Jakarta: Erlangga

Swasta, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II Yogyakarta: Liberty.

Sofyan Riyanto, Prospek Bisnis Pariwisata Syariah ( Jakarta: Buku Republika, 2012). Yati Indah Kusumaastuti 2011. Komunikasi Bisnis IPB Press Yudha Manggala P.Putra”Berita Nasional Daerah Membahas Mengenai Merupakan Ekonomi Daerah.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v5i1.22536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: