STRATEGI PEMASARAN PRODUK FUNDING DAN KONSUMER PADA BSI KC MATARAM PEJANGGIK 2

Bagas Wahyu Nusantara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi pemasaran produk funding dan konsumer digunakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam upaya mempercepat perkembangan dan penetrasi pasar perbankan syariah di Indonesia dengan objek penelitian adalah BSI Kantor Cabang (KC) Mataram Pejanggik 2, NTB.

Metodologi penelitian yang digunakan Adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung di BSI KC Mataram Pejanggik 2, sedangkan data sekunder diperoleh melalui analisa literatur.

Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa dalam pemasaran produknya, BSI menerapkan skema penghimpunan dana (funding) dan skema penyaluran dana (lending). Strategi pemasaran BSI dilakukan dengan inovasi teknologi yang terintegrasi dan pendekatan kepada nasabah dan/atau institusi yang belum menggunakan jasa BSI. Layanan seperti E-banking, M- banking, Host to Host payment (H2H) yang memberi kemudahan pembayaran institusi, pengelolaan dana instansi, serta program Hijrah dengan rate penawaran yang menarik adalah bentuk eksekusi strategi pemasaran dalam memperluas pangsa pasar BSI. BSI KC Mataram Pejanggik 2 saat ini berada dalam fase pertumbuhan dengan pendekatan yang agresif, yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah nasabah BSI, baik perorangan maupun korporat, dan belum ada hambatan yang berarti yang teridentifikasi melalui analisis SWOT.

Keywords


Strategi pemasaran, BSI, akad, Perbankan Syariah, SWOT

Full Text:

PDF

References


Asnawi, N., & Asnan, M. (2017). Pemasaran syariah: teori, filosofi & isu-isu kontemporer. Raja Grafindo Persada.

Booms B. H, & Bitner B. J. (1980). . Marketing strategies and organisation structures for service firms. American Marketing Association, 47–51.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Goi, C. L. (2009). A review of marketing mix: 4Ps or more? International Journal of Marketing Studies, 1(1).

Goldsmith R. E. (1999). The Personalised Marketplace: Beyond the 4Ps. Marketing Intelligence and Planning, 17(4).

Husaini, H., Badruddin, B., & Yusuf, M. (2023). Systematic Literature Review: Dampak Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3).

Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Prenadamedia Group.

Judd, V. C. (1987). Differentiate With the 5th P: People. Industrial Marketing Management, 16(4).

Kartajaya, H. (2006). Syariah Marketing (3rd ed.). Mirzan Media Utama. Kotler, P. (1986). Principles of Marketing (3rd ed.). Prentice Hall.

McCarthy, E. J. (1964). Basic Marketing. Richard D. Irwin.

OJK. (2023). Statistik Perbankan Syariah - Desember 2023.

https://ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan- syariah/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah Desember-2023.aspx

Olson, E. M., Slater, S. F., & Hult, G. T. M. (2005). The Performance Implications of Fit among Business Strategy, Marketing Organization Structure, and Strategic Behavior. Journal of Marketing, 69(3), 49–65. https://doi.org/10.1509/jmkg.69.3.49.66362.

Palmer, A. (2004). Introduction to Marketing - Theory and Practice. Oxford University Press. Sa’diyah, K., Hasbiyah, W., & Suhatman, Z. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Syariah di Bank BSI KC Ciputat. Madani Syariah, 05(02).

Undang-Undang No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (Indonesia). Diakses tanggal 29 Februari 2024 dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/39655/uu-no-21-tahun-2008

Unesa, B. F.-. (2023, July 7). Negara Muslim Terbesar, Penetrasi Ekonomi Syariah yang Masih Jauh Tertinggal. BEM FISH - UNESA. https://bem.fish.unesa.ac.id/post/negara-muslim- terbesar-penetrasi-ekonomi-syariah-yang-masih-jauh-tertinggal

Varadarajan, P. R., & Jayachandran, S. (1999). Marketing Strategy: An Assessment of the State of the Field and Outlook. Journal of the Academy of Marketing Science, 27(2), 120–143. https://doi.org/10.1177/0092070399272002.

Vignali, C., & Davies, B. J. (1994). The Marketing Mix Redefined and Mapped - Introducing the MIXMAP Mode. Management Decision, 32(8).

Yaqin, H., & Wijayanti, I. (2023). Strategi Pemasaran dan SWOT dalam Pembangunan Brand Image dan Penguatan Pondasi Bank Syariah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 49–56. https://doi.org/10.29313/jres.v3i1.1749

Zinkhan, G. M., & Pereira, A. (1994). Review: An overview of marketing strategy and planning. International Journal of Research in Marketing, 11(3), 185–218. https://doi.org/10.1016/0167-8116(94)90001-9




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v5i1.22774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: