PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH SEBAGAI UPAYA PERLUASAN KESEMPATAN KERJA (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH)

Selamat Riadi, Titin Windiasari, Ahmad Ridho Hidayat

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Sebagai Upaya Perluasan Kesempatan Kerja (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Lombok TengahTujuan penelitian ini untuk Mendeskripsikan dan menganalisis kondisi ketenagakerjaan dan perkembangan UKM di Kabupaten Lombok Tengah serta Mendeskripsikan dan menganalisis upaya pemberdayaan UKM sebagai upaya perluasan kesempatan kerja yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. peran pemberdayaan dalam membuka kesempatan kerja, sedangkan unit observasinya adalah UMKM di Kabupaten Lombok Tengah. Analisis dan Penafsiran data dengan cara reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Peran pemberdayaan dalam meningkatkan kapasitas UKM di era reformasi cukup mempunyai posisi yang strategis. Selain sebagai sektor yang paling tahan dilanda krisis juga mampu menyediakan kesempatan kerja dan mengurangi masalah pengangguran yang cukup besar diluar sektor formal. Keberadaan sektor ini yang tidak terikat pada rumitnya sistem birokrasi memungkinkan bagi siapa saja untuk berusaha disektor ini. Terlebih bila ditunjang dengan berbagai keahlian dan ketrampilan khsus, sarana dan prasarana yang canggih maka sektor UKM akan sangat menjajikan keuntungan yang besar. Bagi masyarakat sebagai pelaku UMKM seharusnya membuka pemikiran untuk tidak bersikap pragmatis dalam menerima pemberdayaan yang diberikan pemerintah. Dengan adanya pelatihan maupun penyuluhan sebaiknya digunakan sebagai kesempatan dalam memperoleh ilmu dan pengetahuan terkait pengembangan produk usaha yang lebih inovatif dan berdaya saing. Selain itu dapat meningkatkan kapasitas dari masyarakat sehingga mampu berdaya saing dalam dunia kerja.

Keywords


Pemberdayaan, UKM, Kesempatan kerja

Full Text:

PDF

References


Achmad Subianto, Ringkasan dan Bagaimana Membayar Zakat, (Jakarta : Yayasan bermula dari kanan, 2004)., hlm. 40

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

A. M. W. Pranarka dan Vidhandika Moeljarto. 1996. Pemberdayaan (Empowerment): Konsep Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: CSIS.

Danoko, Florence. 2008. Strategi Pengembangan Usaha Kecil. Universitas Kristen Krida Wacana. Jakarta

Evanovalita (2007) Pemberdayaan Usaha Kecil Dan Menengah Sebagai Upaya Perluasan Kesempatan Kerja (Studi Pada Pemerintah Lombok Tengah).

Faisal, Sanapiah. 2001. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada

Gunawan Sumodiningrat, Pemberdayaan Masyarakat dan Jaringan Pengaman Sosial,

(Jakarta; Gramedia Pustaka Utama, 1999)

Herawati, Nety. Lilitan Masalah Usaha Mikro kecil, Menengah (UMKM) dan Kontroversi Kebijakan. Medan: Bitra Indonesia, 2003

Kartasasmita, Ginandjar. 2013. Strategi Pengembangan Usaha Kecil: “Kesempatan dan Tantangan dalam Proses Transformasi Global dan Nasional”. Seminar Nasional, HUT HIPPI. Jakarta Kıymet Tunca Çaliyurt. 2011. Importance Of Financial Management Knowledge In Small And Medium Enterprises (Smes) Managing By Women.

Moleong. Lexy J. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Karya.

Nawawi, Hadari. 1987. Metode Penelitian Bidang Sosial. Universitas Gajah Mada. Pers. YogyakartaPrasetyo (2008) Peranan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Dalam Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran.

Sopanah. 2010. Peran dan Permasalahan Usaha Mikro. http://siap-bos.blogspot.com/2009/05/peran-dan-permasalahan-usaha-mikro.html. Diunduh Tanggal 22 Oktober 2017.

Sulaeman, Suhendar. (2010). Analisis Manfaat Lembaga Keuangan Berbentuk Koperasi (KSP/USP). Jurnal Ekonomi & Bisnis. No. 2 Jilid 9.

Sumodiningrat, Gunawan. 1997. Membangun Perekonomian Rakyat, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syarifudin, dkk (2016) Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kota Ternate (Studi Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate).

Tambunan, Tulus .2000. Perkembangan Industri Skala Kecil di Indonesia, Jakarta: PT Mutiara Sumber Widya

Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan UMKM dalam Era AFTA: Peluang, Tantangan, Permasalahan dan Alternatif Solusinya. Paper Diskusi pada Yayasan Indonesia Forum.

Tambunan, Tulus. 2012, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. LP3ES

Todaro, Michael P. 1999. Economics Development in the Third World, The Longman Inc New York.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syari’ah.

Wahyudin, Dian. 2013. Peluang atau Tantangan Indonesia Menuju ASEAN Economic Community 2015. Lembaga Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v5i1.22955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: