KONTRIBUSI SUPPLIER IKAN DALAM MENGURANGI PENGANGGURAN DAN MEMAJUKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT BATU RIMPANG, LOMBOK TIMUR

Marjan Marjan

Abstract


Dalam penelitian ini dilator belakangi oleh kontribusi supplier ikan dalam mengurangi pengangguran dan memajukan perekonomian masyarakat Batu Rimpang di Kecamatan keruak. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana kontribusi supplier ikan dalam mengurangi pengangguran dan memajukan perekonomian yang ada di Kecamatan Keruak khususnya di Batu Rimpang, yang dimana daerah tersebut menjadi pusat penyuplai ikan yang paling banyak jumlahnya. Jenis dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang penyuplai ikan yang menjadi sumber informasi terkait pendapatan supplier ikan per harinya. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dalam data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Aktifitas dalam analisis data yaitu penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan di lapangan terkait dengan motif kontribusi supplier dalam mengurangi pengangguran dan memajukan perekonomian masyarakat Batu Rimpang Kecamatan Keruak adalah pengangguran dapat diserap di Batu Rimpang dengan adanya usaha industri penyuplai ikan. Tidak hanya pengangguran perekonomian masyarakat disana juga menjadi lebih sejahtera. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya tingkat kontribusi dari usaha penyuplai ikan terhadap tetal pendapatan penduduknya.


Keywords


Kontribusi Supplier Ikan, Pengangguran, Perekonomian

Full Text:

PDF

References


Alghofari. Farid. (2010).”Analisis Tingkat Pengangguran di Indonesia Tahun 1980-2007”. Skripsi: Universitas Diponegoro Semarang.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Statistik Pendapatan Februari 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Badan Pusat Statistik. (2019). Kecamatan Keruak Dalam Angka 2019. Selong: BPS Kabupaten Lombok Timur.

Hernadi Moorey. Hadi. Matyani. Patmawati. (2018). “Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Mengengah (Studi di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah Kota Balikpapan)”. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi, Vol. 1, No. 1.

Junaidi, (2020). “Belajar Sesuai Regulasi Diri Ditinjau Dari Jenis Pendidikan”, Kajian Pendidikan Islam, 4.

Juwita Widya Qur’ani. Moehammad Awaluddin. Fauzi Janu Amarrohman. (2019). “Analisis Batas Pengelolaan Wilayah Laut Antar Kabupaten Lombok Utara,Lombok Barat, Lombok Tengah, Dan Lombok Timur”, Jurnal Goedesi Undip, Vol. 8, No. 2.

Lena Jeane Damongilala. (2021). Kandungan Gizi Pada Ikan. Bandung: Patra Media Grafindo Bandung.

Muhammad Imam. (2016). ”Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Petani Rumput Laut Di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan”. ejournal Ilmu Pemerintahan, 4.

Nurlina. (2018). “Analisis Keterkaitan Sub Sektor Perikanan Dengan Sektor Lain Pada Perekonomian Di Provinsi Aceh”, Samudra Ekonomika, 2.

Nurul Lutfi. Muhammad. (2023). “Kementrian Kelautan dan Perikanan”, dalam http://pipp.djpt.kkp.go.id/profil_pelabuhan/3283/produksi_harga, (diakses pada tanggal 24 November.

Putu Chori Suryadewi, I Ketut Dunia, Naswan Suharsono. (2014). “Pengarug Pemberdayaan Karyawa Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bali Segara Nusantara”, Media Neliti, 4.

Rani Irma Handayani, Yuni Darmianti. (2017). “Pemilihan Supplier Bahan Baku Bangunan Dengan Metode Analitycal Hierarchy Proces (AHP) Pada PT. Cipta Nuansa Prima Tnagerang”, Techno Nusa Mandiri, XIV.

Ratih Probowosiwi. (2016). “Pengangguran dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kemiskinan Unemployment and Its Influence on Poverty Level”, PKS, 15.

Retno Muninggar, Ernani Lubis, Anwar Bey Pane. (2013). “Pemasaran Hasil Tangkapan Dan Kebijakan Pump Di PPN Pelabuhan Ratu”, Buletin PSP, 21.

Ridwan Lasabuda. (2013). “Pembangunan Wilayah Pesisir Dan Laut Dalam Persfektif Negara Kepulauan Republik Indonesia”, Jurnal Ilmiah Platax. Vol. 1-2 Januari.

Saharuddin Didu, Ferri Fauzi. (2016). “Pengaruh Jumlah Penduduk Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan di Kabupaten Lebak”, Ilmu Ekonomi, 6.

Sarinah. Iin. Aan Anwar Sihabudin. Erlan Suwarlan. (2019). “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi Oleh Pemerintah Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran”, Moderat, 5.

Soleh. Ahmad. (2017). “Masalah Ketenagakerjaan Dan Pengangguran di Indonesia”. Imiah Cano Economos, 6.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yadi Janwari. 2016. Pemikiran Ekonomi Islam dari Masa Rasulullah Hingga Masa Kontemporer. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuzy Anna. (2019). Neraca Ekonomi Sumber Daya Ikan. Sumedang: Unpad Pess Grha Kandaga, 2019.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v5i1.23504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: