PRINSIP PERHITUNGAN ZAKAT SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR NON-KEUANGAN

Lalu Ahmad Ramadani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengkaji mekanisme perhitungan zakat saham syariah non-keuangan berdasarkan sektor yang berada di luar sektor keuangan, terdiri dari perusahaan Perdagangan, Industri, Properti, Pertanian dan Kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literature dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif.  Penelitian ini menemukan bahwa prinsip tidak wajib zakat pada perusahaan keuangan, mengacu pada ketentuan hukum fiqih, namun ketentuan wajib zakat memiliki pebedaan pada setiap sektor industri, seperti industri rumah sakit yang Takaran zakatnya adalah selisih antara pemasukan total tahunan dan pengeluaran tahunan rumah sakit.

Keywords


Zakat Saham dan Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Amalia, Sheila. "Exploring Strategies to Optimize the Collection of Zakat on Shares in Indonesia." Tazkia Islamic Finance and Business Review 12.2 (2018).

Andriani, Aneta Rakhmawati, Muhammad Yasir Fahmi. (2016). Analisis Potensi Zakat Entitas Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2016 Politeknik Negeri Banjarmasin.

Badan Amil Zakat Nasional (PUSKAS-BAZNAS). (2019). Indikator Pemetaan Potensi Zakat. BAZNAS. Jakarta.

Dakhoir, Ahmad. "Al-Qardawi’s Thought on Zakat of Stocks in a Modern Industry: an Experience of Indonesia." Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam 13.2 (2019): 159-168.

Endut, Wan Anisah, Suraya Ismail, and Ahmad Othman. "Method of Zakat Assessment on Shares in Malaysia: An Overview." International Journal of Education and Research 3.6 (2015): 327-334.

Fiqih Zakat Perusahaan yang dikeluarkan oleh BAZNAS pada tahun 2018.

Harfiah. (2009). Perhitungan Zakat Shareholder Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa, Dagang, dan Industri yang Listing di Jakarta Islamic Index. Fakultas Ekonomi Unhas. Makasar.

Islahi, Abdul Azim, and Mohammed Obaidullah. "Zakah on stocks: some unsettled issues." Journal of King Abdulaziz University: Islamic Economics 17.2 (2004).

Laode Arahman Nasir. (2015). Analisis Perhitungan Zakat Perusahaan (Studi Kasus Pada Masing-Masing Sektor Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas. Makasar.

Rahman, Shafiqur. "Ethical Investment in the Stock Market: Halal Investing and Zakat on Stocks." Available at SSRN 2504832 (2014).




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: