DAMPAK PERKEMBANGAN PRODUKSI KERUPUK ATOM DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA EMPANG ATAS KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA)

Ida Farida, Amil amil, SULHAN HADI

Abstract


 

Salah satu usaha yang dikembangkan oleh masyarakat adalah usaha kerupuk Kerupuk merupakan makanan khas Indonesia dan sudah dikenal oleh masyarakat luas. Kerupuk atom hampir sama dengan kerupuk amplang dan kerupuk lainnya, namun perbedaan kerupuk ini terdapat pada bentuk dan proses pengolahannya yaitu tidak melalui pengukusan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perkembangan produksi kerupuk atom dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan factor pendukung dan penghambat  produksi kerupuk atom. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian mengunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu mengunakan metode  Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (penyajian data), Conclusion Vervication (Penarikan Kesimpulan) .

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Dengan adanya pendapatan yang tinggi  dan dapat meningkatkan ekonomi yang baik, bisa membawa dampak dalam kehidupan masyarakat di Desa Empang Atas Kecamatan Empang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun pembelian barang-barang mewah seperti: kulkas, emas, motor, hp, tanah, rumah, dan lain-lain. Faktor pendukung dan penghambat industri kerupuk atom dalam peningkatan perekonomian masyarakat meliputi rasa, alat pembuatan, kemasaran, pemasaran,  harga dan belum BPOM. Kerrupuk atom di Desa Empang Atas Kecamatan Empang perlu di bina dan dipromosikan lebih luas.


Keywords


Perkembangan Kerupuk Atom, Perekonomian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adono Sukirno, Makroekonomi: Teori Pengantar, 433-437.

Akrim, D., Dirawan, G. D., & Rauf, B. A. (2019). Perkembangan Budidaya Rumput Laut Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir Di Indonesia. UNM Environmental Journals, 2(2), 52-56

Apriani, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor Hambatan Produksi Kerupuk Jangek (Kerupuk Kulit) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Kerupuk Jangek Kebun Tebeng Kota Bengkulu).Skripsi (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).hal 2

BPS, Op.Cit, hlm. 7.

BPS. 2016. Indikator Kesejahteraan Rakyat 2016 (Ketimpangan Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Tanpa Penerbit.

Edy, E. P. (2020). Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Desa Desaloka Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat (Studi Pada Home Industri Abon Ikan Gabus) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram).

Janah, N. H.(2020) Manajemen Produksi Terhadap Peningkatan Pendapatan Ditinjau Menurut Ekonomi Islam Pada Usaha Kerupuk “Baru Muncul” Di Kelurahan Simpang Baru,Skripsi, Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekanbaru,Hal (58-60).

Katalog BPS, PDRB Tahun 2010, hlm. 3.

Kurniawati, C. P. (2013). Kualitas Kerupuk Kombinasi Ikan Gabus (Channa Striata Bloch), Tepung Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L.) Putih, Dan Tepung Tapioka ,skripsi.(Doctoral Dissertation, Uajy) hal (1).

Melalui,https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/26994/1/Pusbangtepa_Kerupuk%20atom.pdf, accessed November 24,2021

Muin, M. (2020). Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Hasil Produksi Merica Di Desa Era Baru Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Economix, 5(1).

Nugraheni, M. Pelatihan Diversifikasi Olahan Perikanan Laut Bagi Pengelola Warung Makan Di Wilayah Pantai Depok, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Rachman, S. (2017). Analisis Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Dan Menengah Sektor Manufaktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kota Makassar. Jurnal Ad'ministrare, 3(2), 71-82.

Rahardjo Adisasmita, Pertumbuhan Wilayah dan Wilayah Pertumbuhan, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2014, hlm. 91.

Raharjo Adisasmita,Teori-Teori Pembangunan Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Dan Pertumbuhan Wilayah (Yogyakarta :Graha Ilmu, 2013), 103-105.

Ramazani, N. I. M. (2015). Analisis Pengaruh Produksi Terhadap Pendapatan Pengrajin Papan Bunga Di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat (Doctoral Dissertation, Universitas Teuku Umar Meulaboh).

Resalawati, A. (2011). Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor Ukm Di Indonesia.

Rianti,E,(2019). Fortifikasi Konsentrat Protein Udang Rebon (Mysis Relicta) Pada Pengolahan Kerupuk Atom Terhadap Penerimaan Konsumen, (Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Riau Pekanbaru).

Sadono Sukirno, Ekonomi Pembangunan (Jakarta : Kencana, 2006), 13.

Sadono Sukirno, Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, Dan Dasar Kebijakan, 243.

Sadono Sukirno, Makroekonomi, Teori Pengantar, Edisi Ketiga (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2003), 433-437.

Safirin, M. T. (2010). Kajian Kinerja Industri Kecil Dengan Metode Balance Score Card Dan Analytical Hierarchy Process. Jurnal Teknik Industri,hal(1).

Sunyoto Usman, Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004). h. 41

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA.

Sugiyono.2009. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D.Bandung :Alfabeta. Sumber : Kantor Kecamatan Padang Selatan.

Timur, L., & Rusnawati, D (2020). Analisis Pendapatan Home Industry Pengelolaan Kerupuk Sagu Di Desa Purwosari Kabupaten. Skripsi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.,hal 16.

Website,BPS(2021). https://sumbawakab.bps.go.id/publication/2021/04/29/., Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Sumbawa Menurut Pengeluaran 2016-2020

Website.BPS(2021).https://sumbawakab.bps.go.id/pressrelease/2021/06/30/367/produk-domestik-regional-bruto--pdrb--kabupaten-sumbawa-2016---2020.html

Website.BPS(2021).https://sumbawakab.bps.go.id/publication/download.html,Kecamatan Empang Dalam Angka 2021-09-24

Yanti, S. (2014). Pengaruh Produksi Terhadap Pendapatan Petani Kelapa Sawit Di Gampong Alue Peunawa Kecamatan Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya (Doctoral Dissertation, Universitas Teuku Umar Meulaboh).




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v4i2.7565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: