Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Minat Konsumen Untuk Melakukan Belanja Kembali (Re-Purchase) Di Panyawangan Resto Lombok

Bagus Sinatrya Ramadhan, Lalu Hendra Maniza, Muhammad Yusril

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikansi dari 7 bauran pemasaran yaitu produk, harga, lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses baik secara parsial atau simultan terhadap minat konsumen untuk melakukan belanja kembali di Panyawangan Resto Lombok.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Metode pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner dengan sampel yang berasal dari seluruh populasi konsumen yang pernah bertransaksi minimal 2 kali di Panyawangan Resto Lombok, yang  berjumlah 100 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Skala pengukuran menggunakan skala pengukuran skala likert. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dianalisis dengan menggunakan SPSS 25.00 For Windows.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari variabel produk, harga, promosi, fasilitas fisik, dan proses. Sedangkan variabel Lokasi dan orang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan melakukan belanja kembali di Panyawangan Resto Lombok. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel produk, harga, lokasi, promosi, orang, fasilitas fisik, dan proses pada Panyawangan Resto Lombok. Variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel produk terhadap minat konsumen untuk belanja kembali di Panyawangan Resto Lombok.


Keywords


Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Fasilitas Fisik, Proses, Minat Belanja Kembali.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Sanusi. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Barat. (2021). Kabupaten Lombok Barat DalamAngka:2021. https://lombokbaratkab.bps.go.id/publication/2021/02/26/2e5841a8179bddda5b3621bb/kabupaten-lombok-barat-dalam-angka-2021.html. (diakses 25 Oktober 2021)

BPK RI. (2021). Peraturan Pemerintah (PP) tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176384/PP_Nomor_7_Tahun_2021.pdf. (diakses 25 Oktober 2021)

Bungin, B. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT.Raja Grafindo Perkasa

Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat

Engel, J.F, Blackwell dan Miniard. (1994). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid II. Binaputra: Jakarta.

Ferrel, O.C & D, Harline. (2005). Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS (4th ed.). Semarang: BP UNDIP.

Google Inc. (2021). Google Maps: Peta Lokasi Panyawangan Resto Lombok dalam http://maps.google.com/ (dikases 25 Oktober 2021)

Hellier, P. K., Geursen, G. M., Carr, R. A., & Rickard, J.A. (2003). Customer repurchase intention: A general structural equation model. Journal of Marketing, 37(1), 11-12.

Hellier,Philip K et al. (2003). Customer repurchase intention; A general Structural Equation Model. European Journal of Marketing, 37 (11/12), 1762-1800.

Hidayat, A. A. (2021). Cara Praktis Uji Statistik dengan SPSS. Surabaya: Health Books Publishing.

Hulu, Artinus. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Pembelian Ulang Sayur-Sayuran (Studi Pada Pasar Induk Medan Tuntungan). [Skripsi] Diakses dari https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/24144/170521107.pdf?sequence=1&isAllowed=y tanggal 28 Oktober 2021 pukul 12: 56 WITA.

Hurriyati, Ratih. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Indriyo Gitosudarmo (1994). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE UGM

Irawan, Daniel dkk. (2015). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Di Restoran Ikan Bakar Cianjur Surabaya. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/85115-ID-analisa-pengaruh-bauran-pemasaran-terhad.pdf tanggal 29 Oktober pukul 01: 27 WITA.

J. Supranto. (2009). Statistik, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Juliansyah, (2014). Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Jakarta: Gramedia

Kotler, P., & Amstrong, G. (2006). Principles of marketing (11th ed.). New Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip & Gary Armstrong (2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran.. Edisi 12. Jilid 1 & 2. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip & Keller. (2009). Marketing Management. 13th Edition. New Jersey: Upper Saddle River.

Kotler, Philip dan Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2005). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks

Kotler. (1993). Manajemen Pemasaran (Analisis perencanaan, implementasi dan pengendalian). Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Malhotra, N.K. (2004). Marketing research: An applied orientation (4th ed.). New Jersey: Pearson.

Mischitelli., & Vincent. (2000). Your new restaurant. (2nd ed.). Canada: Adams Media Corporation.

Mukti, Khusnul Diana. (2018). Analisis Bauran Pemasaran 7P Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Tupani Swalayan Ngadirojo Pacitan. [Skripsi] Diakses dari http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8987/ tanggal 28 Oktober 2021 pukul 12:43 WITA.

Ninemeier, J.D. & D.K. Hayes. (2006). Hotel Operations Managament. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc

Nurhayati & Wijaya, W Murti (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Diakses dari https://jurnal.unimus.ac.id/ pada tanggal 28 Oktober 2021 pukul 02:16 WITA.

Panthura, G. (2011).The 8th SMEs in a global economy conference 2011: “Rising to the global challenge: Entrepreneurship and SMEs development in Asia”. Retrieved April 20, 2012, fromhttp://www.nkc.kku.ac.th/smesconference2011.

Putri, Budi Rahayu Tanama. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Swasta Nulus.

Reid, & Bojanic. (2001). Hospitality Marketing Management (3rd ed.). New Jersey: John Wiley & Sons Inc..

Selamet Qurniadi. (2019). Analisis Pengaruh Bauran (Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat) Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kembali Produk Tupperware Business Leader Mutiara Rinjani Mataram. [Skripsi] Diakses dari http://repository.ummat.ac.id/489/2/COVER-BAB%20III.pdf tanggal 29 Oktober 2021 Pukul 01:48 WITA.

Siswanto Sutojo. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Damar Mulia Pustaka.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, Dicky. (2015). Semua Orang Bisa Menjalankannya: Luar Biasa Bisnis Restoran di Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suwarman, Ujang. 2012. Riset Pemasaran Dan Konsumen. Seri 2. IPB Press. Bogor. Stanton. 2002. Pemasaran. Terjemahan jilid 1. Jakarta Penerbit Salemba Empat.

Timpe, A.D. (1998). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. (2001). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2005). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

Wahyudin. (2017). Pengaruh Persepsi Konsumen mengenai Harga, Lokasi dan kualitas Pasar Terhadap Pembelian ulang Konsumen di Pasar Tradisional di Pon Puworkoto. [Skripsi] Yogyakarta (ID) Fakultas Ekonomi Universistas Negeri.

Westbrook dan Reilly. 1983. Dalam Tjiptono, Fandy (2005). Brand Management and Strategy. Penerbit Andi

Wilson, R. M. S. & Gilligan, (2005). Strategic Marketing: Planning, implement, & Control (3rd ed). Canada: Thompsin South-Western.

Zeitahml, Valerie A, Bitner, Mary J. (2000). Services Marketing (2nd Ed.). New York: The McGraw-Hill companies, Inc.

Zeithaml, Valerie A, Bitner, Mary J, Gremler, Dwayne D. (2006). Integrating customer focus across the firm. (4th ed). New York: The McGraw-Hill companies, Inc.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v4i2.7567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: