STRATEGI PEMASARAN SUSU KUDA LIAR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA PENYARING KECAMATAN MOYO UTARA KABUPATEN SUMBAWA)
Abstract
ABSTRAK
Peran strategi pemasaran dalam suatu perusahaan sangat penting. Agar perusahaan dapat mempunyai tujuan untuk kinerja suatu perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan dapat menjalankan secara efektif dan efisien khusus dibidang pemasaran. Kerhasilan pengusaha dapat di tentukan bagaimana menjalankan strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran seperti apakah yang digunakan dalammemasarkan produk susu kuda liar oleh masyarakat DesaPenyaring untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Jenis penelitia yang digunakan yaitu peneliti melakukanturun langsung kepada masyarakat dengan Menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data, Teknik analisisdata dan menggunakan marketing mix.
Hasil peneliti menggunakan strategi pemasaran yang telah di lakukan oleh para pengusaha yang mencakup teorimarketing mix 4P yaitu, produk, harga, tempat, dan promosi. Yang sudah berjalan dengan maksimal. Sehingga pendapatan masyarakat desa penyaring meningkat setiap tahunnya. Dari strategi pemasaran tersebut penulis dapat membantu dalam peningkatan pendapatan masyarakat desa penyaring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Bandung: Alfabeta.
Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko. 2013. Manajemen Pemasaran.
Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta. Berman, Berry and Joel R.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa
Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo
Ansar, Rahmat Sahbani, Dan Hary Kurniawan, (2017). “Uji kerja alat srilisasi kemasan
sinar ultra violet (uv) untuk produk susu kuda liar”.Jurnal abdi insani Unram:ISSN 2356-2935
Daryanto, 2011. Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah, Cetakan I, Satu Nusa,
Bandung
Danang Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Public Relation. Bandung: CV Pustaka Setia
Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung: ALFABETHA
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers
Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CVAlfabeta.
Fred, R David. 2011. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep,. Edisi 12.Jakarta: Salemba Empat.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik, Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.
Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran (Marketing Management) (Edisi 13). U.S.A : Pearson Prentice Hall
Kotler. Phillip dan Amstrong. (2011). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta.
Lexy J. Moleong, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bambang Waluyo, 1991,Penelitian Hukum Dalam Praktek, (Sinar Grafika,Jakarta)
Soebagyo, Joko. 1997. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta : PT.Moleong, j, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suparyanto dan Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media Sattar. 2017. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Deepublish.
Miles, B. Mathew Dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v3i2.7602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This publication is indexed by: