PENINGKATAN MUTU, PRODUKSI, DAN DAYA SAING UKM OLAHAN PISANG DAN SINGKONG DALAM UPAYA KEBANGKITAN UKM PASCA PANDEMI

Edy Subroto

Abstract


Kondisi pemulihan pasca pendemik Covid-19 menuntut usaha kecil menengah (UKM) untuk bangkit, termasuk kelompok UKM olahan pisang dan singkong yang ada di Desa Cileunyi Kulon, Kabupaten Bandung. Oleh sebab itu, kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu UKM olahan pisang dan singkong tersebut dalam meningkatkan mutu, produksi, dan daya saing. Kegiatan dilakukan melalui modernisasi mesin dan peralatan produksi serta pelatihan cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB) dan sanitasi pada proses pengolahan. Modernisasi mesin dan peralatan produksi meliputi mesin pengemas kontinyu, mesin perajang keripik pisang dan singkong, mesin pengemas double fungsi (sealing dan cuting), pengemas vakum, serta penepung bumbu. Mesin dan peralatan telah diujicobakan dan dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat digunakan oleh pelaku UKM dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produk. Sedangkan pelatihan CPPOB dan sanitasi telah meningkatkan pemahaman pelaku UKM dalam menjaga mutu dan keamanan pangan. Secara umum, kegiatan ini telah membantu pelaku UKM olahan pisang dan olahan  singkong di Desa Cileunyi Kulon untuk meningkatkan mutu, produksi, dan daya saing untuk terus bangkit dan berkembang pasca pandemi Covid-19.

Keywords


UKM; CPPOB; Produksi; Sanitasi; Modernisasi

Full Text:

PDF

References


C. Tjahjadi, Penanganan Segar dan Penyimpanan Sayuran dan Buah-Buahan. Bandung: Diktat Kuliah. Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, 2003.

T. Radiyati, Kerupuk keripik, Keripik Pisang. Subang: BPTTG Puslitbang Fisika Terapan-LIPI, 1990.

A. Winarti, Pengaruh Suhu dan Waktu Penggorengan Hampa terhadap Mutu Keripik Mangga Indramayu. Bogor: Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian, IPB, 2000.

A. Kramer and B. A. Twigg, Quality Control For The Food Industry Fundamentals & Applications, 3rd Editio. Delhi, India: Medtech, 2017.

S. Ihromi, Marianah, and Nurhayati, “IbM Inovasi Teknologi Olahan Berbasis Pisang Untuk Pemberdayaan Ekonomi Wanita Tani Di Sekitar Hutan Lindung Sesaot Desa Pakuan Kecamatan Narmada,” J. Agro Dedik. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 30–36, 2020.

W. Lanamana, L. D. G. Djou, Y. Pande, and K. Y. Fowo, “Pendampingan UMKM Penjual Kripik Kremes Dan Wingko Untuk Meningkatkan Penjualan Melalui Merk, Label Dan Kemasan,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 5, pp. 3589–3601, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i5.10046.

E. Subroto, H. Marta, and R. Indiarto, “Pelatihan Cara Pengolahan Pangan Yang Baik (CPPB) Pada Kelompok Ukm Olahan Pangan Di Desa Cileunyi Kulon, Jawa Barat,” J. Agro Dedik. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 20–28, 2022.

N. Kumar, A. Jha, B. Bora, and A. Adhikari, “Quality Inadequacies in Supply Chain Management of Pharmaceutical Products -A Preliminary Study in India,” Glob. J. Emerg. Trends e-Business, Mark. Consum. Psychol., vol. 3, no. 1, pp. 455–466, 2017.

B. Mulyani, S., Rizqiati, H., Pramono, Y. B., & Dwiloka, “Pendampingan persiapan penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) sebagai syarat pengajuan ijin edar produk olahan susu di KTT Rejeki Lumintu Kecamatan Gunungpati Kota Semarang,” J. Agro Dedik. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 7–10, 2020.

M. Webb and A. Morancie, “Food safety knowledge of foodservice workers at a university campus by education level, experience, and food safety training,” Food Control, vol. 50, pp. 259–264, 2015, doi: https://doi.org/10.1016/j.foodcont.2014.09.002.

R. Ningsih, “Penyuluhan Hygiene Sanitasi Makanan Dan Minuman, Serta Kualitas Makanan Yang Dijajakan Pedagang Di Lingkungan Sdn Kota Samarinda,” J. Kesehat. Masy., vol. 10, no. 1, pp. 64–72, 2014.

M. Nurpratama and S. Anwar, “Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu,” J. Investasi, vol. 6, no. 2, pp. 87–102, 2020.




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v4i1.12067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edy Subroto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.