SOSIALISASI PENANGANAN PASCAPANEN BUAH CABAI MERAH DI SERNU LABU BADAS KABUPATEN SUMBAWA

Chairul Anam Afgani, Ariskanopitasari Ariskanopitasari

Abstract


Cabai merupakan salah satu tanaman hortikultura yang sangat dibutuhkan di kalangan masyarakat Indonesia dengan nilai ekonomis yang tinggi. Cabai termasuk sayuran yang mudah busuk, mudah rusak, dan sulit dipertahankan dalam bentuk segar dan cabai tergolong sebagai produk pertanian klimakterik. Oleh karena itu, perlu cara penanganan pascapanen yang baik. Pelatihan bimbingan penanganan pascapanen cabai merah di masyarakat Sernu Labu Badas Sumbawa bertujuan untuk melatih masyarakat dalam penanganan pasca panen cabai merah yang memiliki mutu baik dan memperpanjang umur simpannya. Pemberian pengetahuan dilakukan secara sosialisasi, diskusi dan praktek. Hasil pengabdian masyarakat di masyarakat Sumbawa menunjukkan bahwa  masyarakat dapat memahami cara penanganan pasca panen cabai merah agar dapat menghasilkan hasil dengan kualitas yang baik dan memiliki masa simpan yang lama 4-6 bulan dengan sistem pengemasan yang baik

Keywords


Cabai merah Pasca panen Masa Simpan Kemasan

Full Text:

PDF

References


Wibowo H.D, Arifin Z, Sunarti. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing umkm. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.29. No.1.

}Taufik M. (2011). Analsis Pendapatan Usahatani dan Penanganan Pascapanan Cabai Merah. Jurnal Litbang Pertanian. 30 (2) : 66-72.

David, H.J., Kilmanun, C.J. (2016). Penanganan Pasca Panen Penyimpanan untuk Komoditas Hortikultura. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Banjar-baru, pp. 1015-1026.

David, H.J. (2020). Pengelolaan Cabai untuk Memperpanjang Masa Simpan. Jurnal Pertanian Agros Vol. 22 No.2, Juli 2020: 290-298.

Badan Standarisasi Nasional. 2016. SNI Cabai (SNI No. 4480 : 2016), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v5i1.23437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Chairul Anam Afgani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.