PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI KAKAO SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI DI DESA PERSIAPAN PANSOR KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

Muliatiningsih Muliatiningsih, Syirril Ihromi, Erni Romansyah

Abstract


Desa Persiapan Pansor yang terletak di Kecamatan Kayangan merupakan salah satu desa penghasil kakao yang potensial di Kabupaten Lombok Utara dimana sebagian besar sumber pendapatan masyarakatnya berasal dari hasil perkebunan. Akan tetapi produktivitas tanaman kakao sangat rendah yang dipengaruhi berbagai faktor, antara lain aspek sosial ekonomi, pengusahaan budidaya kakao masih bersifat konvensional dan belum mengikuti standar GAP (Good Agriculture Practise) serta adanya serangan hama dan penyakit pada tanaman kakao yang dapat menurunkan produktivitas dan kualitas produk kakao yang pada akhirnya akan berdampak pada penurunan pendapatan petani. Untuk itu penyuluhan tentang pengelolaan kebun sesuai GAP (Good Agriculture Practise) yaitu PsPSP (Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi dan Pemupukan) dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas kakao dan meningkatkan pemahaman petani tentang budidaya kakao sesuai dengan panduan budidaya kakao yang baik (Good Agriculture Practise).

Full Text:

PDF

References


BPS. 2015. Kabupaten Lombok Utara Dalam Angka.

Sulistyowati, E., S. Wardani, dan E. Mufrihati. 2005. Pengembangan teknik pemantauan penggerek buah kakao (PBK) Conopomorpha cramerella Snell. Pelita Perkebunan 21(3): 159-168.

P3LKT. 2010. Rencana Pengembangan Pertanian di Kabupaten Lombok Utara dengan Kakao sebagai Komoditi Utama. Kerjasama BAPPEDA dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Lahan Kering Tropika (P3LKT) Universitas Mataram. Mataram.

P3LKT. 2014. Developing An Integrated Pest and Disease Control For Cocoa In Lombok Island By Utilizing Localy Available Materials. Kerjasama World Cacao Foundation (WCF) dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Lahan Kering Tropika (P3LKT) Universitas Mataram. Mataram.




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v1i1.2785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JADM (JURNAL AGRO DEDIKASI MASYARAKAT)