STUDI KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM BAGI WARGA TERDAMPAK PROYEK DI KECAMATAN PATROL KABUPATEN INDRAMAYU

Syamsul Huda, Robi Andoyo

Abstract


Abstrak

Pembangunan PLTU II di Indramayu menyebabkan berkurangnya lahan pertanian terutama lahan persawahan karena adanya alih fungsi lahan. Salah satu upaya pembekalan dan pemberdayaan yang diberikan pada warga terdampak proyek yaitu dengan melakukan peningkatan ekonomi di bidang agribisnis salah satu caranya adalah dengan budidaya jamur tiram. Budidaya jamur tiram kelompok “Kepuh Makmur” telah beroperasi selama 3 bulan dan telah melakukan proses budidaya, pemanenan, dan pemasaran.  Proses evaluasi perlu dilakukan untuk melihat budidaya jamur tiram ini sebagai sebuah bisnis yang berkelanjutan bukan dilihat hanya sebagai program hibah. Pengumpulan data dalam kegiatan ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan untuk menilai kelayakan usaha budidaya meliputi aspek pasar dan pemasaran; aspek teknis dan produksi; aspek organisasi dan manajemen; aspek keuangan : payback period (PP), net present value (NPV), internal rate of return (IRR), dan profitability index (PI). Aspek pasar, aspek teknis, dan aspek organisasi Kepuh Makmur dinilai sudah cukup layak untuk menjalankan usaha budidaya jamur tiram. Namun aspek keuangan masih belum layak, berdasarkan analisis cash flow dengan jumlah baglog 5000 buah selama 3 bulan terjadi minus dimana pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan. Agar usaha budidaya jamur tiram layak dijalankan sebagai bisnis yang berkelanjutan, jumlah minimal baglog dalam satu kali musim panen minimal 9000 buah baglog dan produktivitas hasil panen ditingkatkan. Hasil analisis kriteria kelayakan investasinya meliputi PBP di 2 tahun 5 bulan, NPV positif di Rp 4.756.750, IRR 23,5%, dan PI 1,07 kali.


Keywords


Warga Terdampak Proyek; Jamur Tiram; Bisnis; Kelayakan Usaha

Full Text:

PDF

References


Trubus, Jamur Tiram Dua Alam : Dataran Rendah Dan Tinggi. Jakarta: Trubus, 2010.

V. H. Siti Umniyatie, Astuti, Drajat Pramiadi, “Budidaya Jamur Tiram (Pleuretus.Sp)Sebagai Alternatif Usaha Bagi Masyarakatkorban Erupsi Merapi Di Dusun Pandan, Wukirsari,Cangkringan, Sleman Diy,” Inotek, Vol. 17, No. 2, Pp. 162–175, 2013.

A. R. Zikri, Shorea Khaswarina, And E. Maharani, “Analisis Usaha Dan Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Studi Kasus Di Kelurahan Tangkerang Timur Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru,” Jom Faperta, Vol. 2, No. 2, 2015.

S. Ihromi, “Untuk Pemberdayaan Ekonomi Wanita Tani Di Sekitar Hutan Lindung Sesaot Desa Pakuan,” Vol. 1, No. 1, 2020.

Warisno And Dahana, Tiram: Menabur Jamur, Menuai Rupiah. Jakarta: Gramedia, 2017.

Maulana And Erie, Panen Jamur Tiap Musim: Panduan Lengkap Bisnis Dan Budi Daya Jamur Tiram. Yogyakarta: Lily Publisher, 2012.

Kasmir And Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, 2nd Ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.

Ojk.Go.Id, “Suku Bunga Dasar Kredit,” 2019. Https://Www.Ojk.Go.Id/Id/Kanal/Perbankan/Pages/Suku-Bunga-Dasar.Aspx.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.