PENYULUHAN DAN PELATIHAN POLA ASUPAN GIZI MASYARAKAT DAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN BAHAN BAKU PERTANIAN BAGI KORBAN GEMPA LOMBOK DUSUN KEMBANG KUNING KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT

Syirril Ihromi, Asmawati Asmawati, Marianah Marianah

Abstract


Dusun Kembang Kuning merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Lombok Barat dengan Kota Mataram, mayoritas masyarakat menggali rejekinya dari buruh tani, bangunan yang kadangkala penghasilannya tidak tentu setiap harinya. Saat ini dusun tersebut merupakan dusun korban gempa Lombok sehingga masih banyak masyarakat yang tinggal di tenda dan mengandalkan para donator untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, yang menyebabkan pola makan menjadi tidak teratur dan kecukupan gizi tidak tercukupi terlebih musim penghujan sudah datang, dikhawatirkan kesehatan masyarakat menjadi terganggu. Sehingga perlu dilakukan penyuluhan tentang pemenuhan gizi untuk kesehatan. Disamping itu berbagai hasil pertanian yang keberadaanya setiap hari dalam jumlah yang cukup banyak, akan tetapi jumlah tersebut tidak diikuti dengan harga jual yang tinggi karna tidak jarang masyarakat menjualnya dalam keadaan masih muda dan segar. Jika masyarakat mampu mengolah bahan tersebut maka akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta menjadi prospek bisnis. Masyarakat perlu diperkenalkan berbagai paket teknologi dan status gizi untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kesehatan melalui penyuluhan Gizi, pola makan sehat dan berbagai metode pengolahan sederhana terhadap bahan baku yang tersedia. Metode dalam kegiatan ini yaitu penyuluhan dan memberikan beberapa contoh paket teknologi produk pertanian. Metoda yang ditawarkan untuk mendukung realisasi program  adalah : (1) Penyuluhan pola makan sehat dan status gizi. (2) Penyuluhan Teknologi pengolahan bahan baku produk pertanian, sehingga mitra mempunyai gambaran lengkap terhadap usaha peningkatan add value bahan baku yang nantinya akan dipasarkan di beberapa lokasi strategis. Hasil pengabdian menunjukkan keberhasilan dengan lancar dan efektinya waktu yang digunakan. Tanggapan dari peserta sangat merespon positif kegiatan ini karna banyaknya pengetahuan dan aplikasi teknologi pengolahan yang diperoleh.  Para peserta mengetahui tentang pemenuhan gizi keluarga, bahan-bahan pertanian yang mempunyai kandungan gizi tinggi dan teknologi pengolahan berbagai produk yang murah dan mudah membuat antusias masyarakat untuk selalu membuat varian menu makanan sehari-hari menjadi lebih banyak.

Keywords


penyuluhan, status gizi, olahan produk

Full Text:

PDF

References


D. Deviyanty, “Perbedaan Metode Penyuluhan Gizi Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu dan Tingkat Konsumsi Anak Usia Dini,” J. Ris. Pangan dan Gizi, 2018, [Online]. Available: http://ejurnalpangan-gizipoltekkesbjm.com/index.php/JR_PANZI/article/view/24.

Y. Istikomayanti, H. F. Bariska, and R. A. Dwi Susanti, “Tantangan Pemberdayaan Perekonomian Kecil Melalui Usaha Kelompok Ibu Rumah Tangga (IRT),” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 2, no. 1, p. 6, 2018, doi: 10.33366/jast.v2i1.946.

M. Damayanti and W. Hersoelistyorini, “PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG PISANG KEPOK PUTIH TERHADAP SIFAT FISIK DAN SENSORI STIK,” J. Pangan dan Gizi, vol. 10, no. 1, p. 24, 2020, doi: 10.26714/jpg.10.1.2020.24-33.

A. Hartono and P. B. H. Janu, “Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kerupuk,” Seri Pengabdi. Masy. 2013, J. Inov. dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 3, pp. 198–203, 2013.

S. Suyanti and A. Supriyadi, “Pisang Budidaya, Pengolahan dan prospek Pasar,” J. Has. Penelit. Progr. Study Keteknikan Pertan., no. 1, p. 156, 2008.

C. Pary et al., “ABSTRAK ANALISIS KANDUNGAN GIZI LIMBAH KULIT PISANG KEPOK (MUSA PARADISIACA Formatypica) SEBAGAI BAHAN BAKU KERUPUK,” J. Biol. Sci. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 2252–858, 2016.

R. Novitasari, “PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG MENJADI PANGANAN OLAHAN KRIPIK PEDAS,” J. Teknol. Pertan., vol. 2, no. 2, pp. 18–30, 2013, doi: 10.32520/jtp.v2i2.53.

S. Prabawati, Suyanti, and Setyabudi D. A, “Teknologi pascapanen dan teknik pengolahan buah pisang,” Balai Besar Penelit. dan Pengemb. Pascapanen Pertan., vol. 53, no. 9, pp. 1–64, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.