PERBAIKAN PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA UKM ANEKA CEMILAN DI KECAMATAN CILEUNYI, KABUPATEN BANDUNG

Edy Subroto, Rossi Indiarto, Ernah Ernah

Abstract


Pandemi Covid-19 telah berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia termasuk kelompok usaha kecil menengah (UKM). UKM aneka cemilan “Hikmah”, yang memproduksi dan menjual berbagai macam cemilan juga mengalami penurunan produksi dan penjualan lebih dari 50%. Kegiatan ini bertujuan membina kelompok UKM dalam memperbaiki produksi, mutu produk, serta menerapkan digital marketing sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, praktis, dan sangat cocok diterapkan di era adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19. Hasil kegiatan menunjukkan dampak yang signifikan pada Mitra UKM aneka cemilan yaitu peningkatan penggunaan teknologi modern dengan diberikan alat-alat produksi penunjang produktivitas UKM, diantaranya adalah mesin penggiling bumbu dengan kapasitas 500 gram/menit, dan mesin perajang bawang yang beroperasi secara kontinyu. Keterampilan mitra UKM juga mengalami peningkatan melalui pelatihan cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB) dan pelatihan digital marketing dengan konsep Less Contact Economy. Melalui kegiatan ini mitra UKM dapat memperbaiki proses produksi, mutu produk, dan penjualan melalui digital marketing sehingga dapat bertahan ditengah pandemi Covid 19.

Keywords


UKM; produksi; keripik singkong; mutu produk; digital marketing

Full Text:

PDF

References


Tjahjadi, C. ”Penanganan Segar dan Penyimpanan Sayuran dan Buah-Buahan”. Diktat Kuliah. Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Pertanian. Universitas Padjadjaran. Bandung. 2003.

Kramer, A., Twigg. B.A. “Quality Control For The Food Industry Fundamentals & Applications”. 3rd Edition, Vol. 2. Medtech, Delhi, India. 2017.

Radiyati, T. ”Kerupuk keripik, Keripik Pisang”. Subang : BPTTG Puslitbang Fisika Terapan-LIPI, Hal. 15-20. 1990.

Winarti, A. “Pengaruh Suhu dan Waktu Penggorengan Hampa terhadap Mutu Keripik Mangga Indramayu”. Skripsi. S1. Fakultas Teknologi Pertanian, IPB. Bogor. 2000.

Marriott, N.G., Gravani, R.B. “Principles of Food Sanitation”. Fifth Edition. Springer, Boston, MA. 2006.

Mulyani, S., Rizqiati, H., Pramono, Y.B., Dwiloka, B. ”Pendampingan Persiapan Penerapan Good Manufacturing Practices (Gmp) Sebagai Syarat Pengajuan Ijin Edar Produk Olahan Susu Di Ktt Rejeki Lumintu Kecamatan Gunungpati Kota Semarang”. Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat. 1(2): 61-67. 2020.

Nurhayati, Sulastri, Y., Ghazali, M., Ibrahim, I. “Penyuluhan Cara Pengolahan Pangan Yang Baik Untuk Perbaikan Proses Produksi Dan Mutu Minyak Kelapa di IKM Sakra Timur Lombok,” J. Masy. Mandiri, 5(1): 152–160. 2021.

Nurpratama, M., Anwar, S. ”Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu”. Jurnal Investasi. 6(2): 87-102. 2020.




DOI: https://doi.org/10.31764/jadm.v3i1.6663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edy Subroto, Rossi Indiarto, Ernah Ernah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.