Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sape

Tasrif Tasrif, Nike Ardiansyah, Haeril Haeril, Mukhlis Ishaka

Abstract


Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalam menulis karya ilmiah. Target dan sasaran kegiatan ini yaitu siswa Sekolah Menengah Atas, sedangkan targetnya adalah siswa klas 3. Secara khusus sekolah yang akan digunakan sebagai tempat pengabdian ditentukan setelah dilakukan survei awal yaitu di SMAN 1 Sape. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dua cara, pertama memberikan pengetahuan melalui ceramah tata muka, menggunakan cara belajar orang dewasa, diskusi dan tanya jawab. Kedua, bimbingan kilat dalam menulis artikel ilmiah. kegiatan pengabdian telah terlaksana dngan baik dan berjalan dengan lancar. Peserta antusias untuk mengikuti kegiatan yang ditunjukan dengan keinginan yang tinggi untuk bertanya dan berdiskusi mengenai cara-cara penulisan artikel ilmiah. Sekolah disarankan untuk mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah secara reguler agar siswa mampu menulis artikel ilmiah dengan baik atau memasukan materi penulisan artikel ilmiah dalam mata pelajaran yang ada. Memfasilitasi siswa untuk mengikuti lomba-lomba artikel ilmiah yang banyak diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau institusi lain untuk melatih kemampuan menulis artikel ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Agung, I Gusti Ngurah. 1992. Metode Penelitian Sosial: Pengertian dan pemakaian Praktis 1. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial, Fomat-fomat Kuantitatif. Surabaya. Airlangga University Press.

Brannen, Julia, 2005, Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta. Pustaka Pelajar.

Marselina, Suci, 2018, “Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas Xi Man I Kota Sungai Penuh”, PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 4, No. (1) Mei 2018

Malo, Manase, 1985. Metode Penelitian Sosial, Jakarta. Karunika. Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung .Alfabeta.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. 2005. Metode Survey. Jakarta. LP3ES.

Sanafiah Faisal. 1989.Format Penelitian Sosial: Dasar-dasar dan Aplikasi. Jakarta. Rajawali Pers.

Siegel, Sidney, 1994, Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta. Gramedia.

Salim, Agus, 2006, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta. Tiara Wacana.




DOI: https://doi.org/10.31764/jamin.v2i1.21969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This publication is indexed by: