PKMS Pengolahan Produk Minyak Herbal Virgin Coconut Oil (VCO)

La Diu Samiu, Asriani I. Laboko

Abstract


Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Kelapa dapat diolah keberbagai macam produk. Salah satu olahan produk kelapa skala rumah tangga adalah Minyak Virgin Coconut Oil (VCO). VCO mulai dikenal orang karena mempunyai banyak keuntungan bagi manusia, diantaranya mencegah penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit degeneratif lainnya, memperbaiki system pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu menurunkan berat badan. Kelompok Wanita Tani “Berkah Utama” merupakan salah satu kelompok tani yang berada di  Jl. Merpati Lingkungan II Kelurahan Bulota Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo dengan jumlah anggota sebanyak 5 orang. Sebagian anggotanya bekerja sebagai petani. Selain bekerja sebagai Petani, Anggota kelompok juga membuat kegiatan sampingan dengan mengolah hasil kelapa menjadi minyak, baik itu minyak kelapa tradisional ataupun minyak kelapa murni (VCO).  Permasalahan mitra adalah masih kurangnya pemahaman mitra untuk memperbaiki pengolahan minyak VCO sehingga memiliki standar kualitas yang kurang baik begitupun pada saat melakukan  Pengolahan minyak VCO dilakukan dengan cukup sederhana dan dengan peralatan sederhana sehingga hasil produksi yang dihasilkan tidak maksimal. Hasil Produksi yang kurang baik sangat berdampak terhadap menurunnya jumlah penjualan produk dari olahan kelapa tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan mitra yaitu memberikan pelatihan untuk melakukan perbaikan kualitas produk VCO sehingga memenuhi syarat. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan dari program PKMS yaitu meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill mitra. Metode Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan Metode Ceramah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mitra, Metode Pelatihan yang ditujukan untuk memberikan keterampilan mitra, Metode Pendampingan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan memantapkan ketereampilan kelompok wanita tani KWT mitra, Metode Evaluasi program dengan tujuan untuk mengevaluasi berbagai tahapan kegiatan sehingga dapat mempebaiki dan menyempurnakan pelaksanaan kegiatan di lapangan dan Metode Keberlanjutan program dengan tujuan memantau kegiatan di lapangan setelah kegiatan berakhir agar tetap dapat dilanjutkan oleh mitra PKMS. Hasil PKMS berdasarkan pengujian dengan metode User Accepted Testing (UAT) disimpulkan bahwa rata-rata 87% konsumen menyatakan setuju bahwa minyak VCO yang dibuat sesuai keingingan dan dengan standart pengolahan yang baik, sebanyak 55,2% menyatakan sangat setuju adanya variasi dari produk VCO. Selanjutnya, 89,4% konsumen menyatakan bahwa kualitas produk Herbal VCO sudah baik. Berdasarkan data pengujian UAT yang dilakukan maka tingkat kepuasan konsumen 81.5%  terhadap produk VCO Mitra.

Full Text:

PDF

References


Dai, S. I. S., & Asnawi, M. A. (2018). Analisis Pengembangan Produk Turunan Kelapa Di Provinsi Gorontalo. Frontiers: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1).

N. P. Sutami, N. Ketut, A. Tantri, and I. Made, “Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Kegiatan Pengolahan Kelapa Skala Rumah Tangga Sebagai Alternatif Peningkatan Pendapatan,” Pros. Semin. Nas. “Inovasi Teknol. Pertan. Spesifik Lokasi,” pp. 629–636, 2014.

Ristekbrin (2020). Panduan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional

Azwar, A., Hamria, H., & Kaharu, M. N. S. Game Edukasi Pengenalan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Android.




DOI: https://doi.org/10.31764/jamin.v1i1.5345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This publication is indexed by: