Pelatihan Digital Marketing pada Unit Produksi di SMK Bina Mandiri Multimedia

Destiana Kumala, Sawqi Saad El Hasan, Thoriq Aziz Mardius, Putri Puspita Sari, Muhammad Ibnu Toyib, Supriatal Supriatal

Abstract


Artikel pengabdian masyarakat ini membahas tentang proses kegiatan pelatihan digital marketing di SMK Bina Mandiri. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Digital Marketing Unit Produksi di SMK Bina Mandiri ini dihadiri 20 (dua puluh) siswa/i sebagai peserta, bertempat di SMK Bina Mandiri Multimedia. Pelaksanaan ini diadakan dengan protokol kesehatan Covid-19. Tema yang di usung dalam pelatihan ini adalah “Semua Bisa Digital Marketing”. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pertama Persiapan dan Sosialisasi, yaitu dengan pemberian materi oleh pembicara, kedua Pelatihan dan Pendampingan yaitu dengan di bentuknya Forum Group Discussion dan ketiga adalah Evaluasi. Hasil dari pelatihan ini adalah bahwa pengetahuan, pemahaman dan praktik dari peserta pelatihan mengenai digital marketing semakin meningkat. Selain itu pemateri juga memberikan usulan yang sangat potensial untuk perkembangan Unit Produksi di SMK Bina Mandiri Multimedia yaitu model ekspansi bisnis dengan membuat konten kreatif di akun media sosial, yang didalamnya untuk mengedukasi calon pembeli melalui konten kreatif yang bertujuan agar calon pembeli menemukan solusi atas kebutuhannya melalui produk yang disediakan oleh Unit Produksi yang ada di SMK Bina Mandiri Multimedia, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan pasar yang hendak ditargetkan. Pembicara juga memberikan saran untuk menjalankan praktik edukasi dan bisnis dengan berkelanjutan melalui pembukaan kelas dan pelatihan untuk membuat website, membuat sablon dan cara menciptakan media promosi dan sosialisasi untuk desain banner melalui pelatihan desain grafis. Sehingga seluruh aspek dan sumber daya Unit Produksi dapat berfungsi dengan optimal agar sosialisasi produk dan jasa ke semua pihak dapat tersampaikan. Termasuk dengan melibatkan masyarakat, pemerintah, swasta, pengusaha dan para profesional lainnya.Artikel pengabdian masyarakat ini membahas tentang proses kegiatan pelatihan digital marketing di SMK Bina Mandiri. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Digital Marketing Unit Produksi di SMK Bina Mandiri ini dihadiri 20 (dua puluh) siswa/i sebagai peserta, bertempat di SMK Bina Mandiri Multimedia. Pelaksanaan ini diadakan dengan protokol kesehatan Covid-19. Tema yang di usung dalam pelatihan ini adalah “Semua Bisa Digital Marketing”. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pertama Persiapan dan Sosialisasi, yaitu dengan pemberian materi oleh pembicara, kedua Pelatihan dan Pendampingan yaitu dengan di bentuknya Forum Group Discussion dan ketiga adalah Evaluasi. Hasil dari pelatihan ini adalah bahwa pengetahuan, pemahaman dan praktik dari peserta pelatihan mengenai digital marketing semakin meningkat. Selain itu pemateri juga memberikan usulan yang sangat potensial untuk perkembangan Unit Produksi di SMK Bina Mandiri Multimedia yaitu model ekspansi bisnis dengan membuat konten kreatif di akun media sosial, yang didalamnya untuk mengedukasi calon pembeli melalui konten kreatif yang bertujuan agar calon pembeli menemukan solusi atas kebutuhannya melalui produk yang disediakan oleh Unit Produksi yang ada di SMK Bina Mandiri Multimedia, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan pasar yang hendak ditargetkan. Pembicara juga memberikan saran untuk menjalankan praktik edukasi dan bisnis dengan berkelanjutan melalui pembukaan kelas dan pelatihan untuk membuat website, membuat sablon dan cara menciptakan media promosi dan sosialisasi untuk desain banner melalui pelatihan desain grafis. Sehingga seluruh aspek dan sumber daya Unit Produksi dapat berfungsi dengan optimal agar sosialisasi produk dan jasa ke semua pihak dapat tersampaikan. Termasuk dengan melibatkan masyarakat, pemerintah, swasta, pengusaha dan para profesional lainnya

Full Text:

PDF

References


Haryadi, R. N., Anda Rojali, Khumidin, & M. Fauzan. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3

Indriyatni, L. (2013). Pengaruh Matakuliah Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Pelita Nusantara Semarang). Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 8(1).

Kumala, D., Novianti, Y., Safitri, N., & others. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6–9.

Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22–28.

Susanto, A. (2012). MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA SISWA SMK. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 7(1).

Tahirs, J. P., & Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan minat berwirausaha melalui pelatihan kewirausahaan bagi siswa smk. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 125–129.

Ulwiyah, N. (2012). Integrasi Nilai-nilai Entrepreneurship Dalam Proses Pembelajaran di Kelas Guna Menciptakan Academic Entrepreneur Berkarakter. Prosiding Seminas, 1(2).

Zimmerer, K. S. (1996). Changing fortunes. University of California Press.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. (2021), Berita Resmi Statistik: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Jawa Barat sebesar 9,82 persen, di unduh melalui situs https://jabar.bps.go.id/pressrelease/2021/11/05/902/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--jawa-barat-sebesar-9-82-persen.html pada tanggal 5 Desember 2021 pukul 18:21 WIB




DOI: https://doi.org/10.31764/jamin.v1i2.7754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This publication is indexed by: