MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDIDIK SEKOLAH DASAR DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBANTUAN APLIKASI CANVA FOR EDUCATION

Siti Sanisah, Mas'ad Mas'ad, Edi Edi, Nurin Rochayati, Lalu Muhammad Iskandar Zulkarnain, Arif Arif, Baiq Desi Milandari, Linda Ayu Darmurtika, Jaini Bidaya AR

Abstract


Abstrak: Tolok ukur kemampuan pendidik salah satunya adalah dapat membuat dan menggunakan berbagai media pembelajaran untuk memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran. Pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam membuat media pembelajaran berbasis multimedia berbantuan aplikasi Canva for Education. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan selama tiga kali pertemuan, melibatkan 25 orang pendidik Sekolah Dasar, dan bekerjasama dengan Guru Penggerak. Hasilnya, seluruh peserta berhasil membuat media pembelajaran berupa mind maps, 76% berhasil membuat bahan presentasi, dan 72% berhasil membuat video pembelajaran. Agar kemampuan menjadi lebih maksimal disarankan agar pendidik terus berlatih secara mandiri menggunakan Canva for Education atau aplikasi lainnya, dan meneruskan kemampuan yang telah diperoleh kepada pendidik lainnya.

Abstract:  One of the benchmarks for the ability of educators is to be able to create and use various learning media to make it easier for students to understand the subject matter. Community service aims to improve the ability of educators to create multimedia-based learning media with the help of the Canva for Education application. The activity was carried out in the form of training for three meetings, involving 25 elementary school educators, and working with the Mobilization Teacher. As a result, all participants succeeded in making learning media in the form of mind maps, 76% succeeded in making presentation materials, and 72% succeeded in making learning videos. To maximize abilities, it is recommended that educators continue to practice independently using Canva for Education or other applications, and pass on the skills they have acquired to other educators.


Keywords


pendidik; media pembelajaran; Canva; Canva for Education.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. (2021). View of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI. Pancar, 5(2).

Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint Bagi Tenaga Pendidik Paud. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1).

Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Alam, P., & Cenderawasih, U. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.

Basir, M. (2015). Pengaruh Kerja Tim Terhadap Kinerja Guru SMP. Journal of EST, 1(September), 8–19.

Belkin, M., Hsu, D., Ma, S., & Mandal, S. (2019). Reconciling Modern Machine-Learning Practice and The Classical Bias–Variance Trade-Off. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 116(32), 15849–15854. https://doi.org/10.1073/pnas.1903070116

Caesaria, C. A., Jannah, M., & Nasir, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 3D Berbasis Software Blender Pada Materi Medan Magnet. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1).

Cahyana, A. D., & Kosasih, E. (2020). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran untuk Jenjang SD di Saluran Youtube Ruangguru dan Labedu Channel. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4).

Challa, K. T., Sayed, A., & Acharya, Y. (2021). Modern Techniques of Teaching and Learning in Ledical Education: A Descriptive Literature Review. MedEdPublish, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.15694/mep.2021.000018.1

Chang, J. H., Chiu, P. S., & Huang, Y. M. (2018). A sharing mind map-oriented approach to enhance collaborative mobile learning With digital archiving systems. International Review of Research in Open and Distance Learning, 19(1), 1–24. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i1.3168

Dai, R. H., Abdillah, T., Yusuf, R., Takdir, R., Ahaliki, B., Buhang, I., Aulia, R., & Tolingguhu, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru SDN 2 Limboto. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 27–30. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.440

Dewi, A. P. (2020). Pengembangan Video Praktikum Kimia Materi Larutan Eletrolit dan Nonelektrolit Ramah Difabel Rungu “VIP RUNGU.” Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 2(1). https://doi.org/10.14421/jtcre.2020.21-02

Fitriani, Faisol, A., Wamiliana, Notiragayu, Chasanah, S. L., & Kurniasari, D. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru- Guru SMK Di Bandar Lampung. Pengabdian Kepada Masyarakat Tabikpun, 3(3), 193–202. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96. https://doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Merchie, E., Catrysse, L., & Van Keer, H. (2021). Mind maps as primers when reading-for-learning in elementary grades? An eye tracking study. Instructional Science, 49(1), 23–65. https://doi.org/10.1007/s11251-020-09529-y

Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru SD Di SDN Pulogebang 09 Pagi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Selaparang, 6(1), 170–174. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7670

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DAN PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID UNTUK GURU BAHASA ARAB. Jurnal KARINOV, 2(3). https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Nurnamawi, E. K., & Rahim, E. R. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT UNTUK PELAJARAN IPA BAGI SISWA SMP PADA MATERI CAHAYA, CERMIN, DAN LENSA. Jambura Physics Journal, 1(1). https://doi.org/10.34312/jpj.v1i1.2392

Prastica, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5).

Purbayanti, H. S., Ponoharjo, P., & Oktaviani, D. N. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PANDEMI COVID-19. JIPMat, 5(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Sanisah, S., Rochayati, N., Mas’ad, & Arif. (2022). Persepsi Guru Tentang Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur. Jurnal Geography, 10(1), 92–104. https://doi.org/10.31764/geography.v10i1.8279

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Schulze, U., Kanwischer, D., Gryl, I., & Budke, A. (2020). Implementing an Innovative Digital Pedagogical Concept for Critical-Reflexive Digital Geomedia Education in Geography. AGIT ‒ Journal Für Angewandte Geoinformatik, 114–123. https://doi.org/10.14627/537698011.Dieser

Stokhof, H., de Vries, B., Bastiaens, T., & Martens, R. (2020). Using Mind Maps to Make Student Questioning Effective: Learning Outcomes of a Principle-Based Scenario for Teacher Guidance. Research in Science Education, 50(1), 203–225. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9686-3

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1.

Syavira, N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SD. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1). https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039

Tangsi, T., Satriadi, S., & Muhaemin, M. (2016). Pembuatan Materi Pembelajaran dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SDN Pao-Pao Kab Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1129–1134.

Tavares, L. A., Meira, M. C., & Amaral, S. F. Do. (2021). Interactive Mind Map: A Model for Pedagogical Resource. Open Education Studies, 3(1), 120–131. https://doi.org/10.1515/edu-2020-0145

von Reumont, F., & Budke, A. (2020). Strategies for successful learning with geographical comics: An eye-tracking study with young learners. Education Sciences, 10(10), 1–27. https://doi.org/10.3390/educsci10100293

Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Smartphone-Based Application “Quizizz” as a Learning Media. Dinamika Pendidikan, 14(2), 244–253. https://doi.org/10.15294/dp.v14i2.23359

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Journal of Education Technology, 3(3). https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wiwaha, R. S. R., Andajani, K., & Harsiati, T. (2021). Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia. KEMBARA : Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2).

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245

Yuliansah, Y. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. EFISIENSI - KAJIAN ILMU ADMINISTRASI, 15(2). https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24491

Yunefri, Y., Sutejo, & Fadrial, Y. E. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva untuk Guru di SMKN 2 Pinggir. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 175–180. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.10516

Zubaidah, E. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran untuk Menciptakan Lingkungan Kelas SD (Alternatif Penciptaan Laboratorium SD yang Efektif ). Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 46–60. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4064




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.12299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: