BIMBINGAN SITASI UNTUK MENINGKATKAN REFERENSI DAN MEMINIMALISISR PLAGIASI PADA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA

Akhmad Akhmad, M. Aris Akbar, Nurmiwati Nurmiwati, Fadlu Fadlu, Arfah Arfah

Abstract


Abstrak: Kegiatan sitasi yang dilakukan oleh mahasiswa masih sangat kurang dilakukan, oleh karena itu kegiatan ini lakukan untuk membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan sitasi tulisan artikel dosen untuk meningkatkan jumlah sitasi tulisan yang dibuat oleh mahasiswa Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode bimbingan dan praktik dalam bimbingan. Hasil bimbingan menunjukan bahwa bimbingan yang dilaksanakan dapat memberi dampak positif terutama dalam meningkatkan kecakapan untuk menghasilkan sitasi yang tepat dan relevan dengan tulisan ilmiah yang dibuat mahasiswa yang sesuai dengan penyusunan karya ilmiah yang baik dan benar. Kegiatan bimbingan ini juga dilakukan untuk meningkatkan jumlah sitasi terhadap tulisan artikel dosen dalam jurnal ilmiah sebagai penunjang kenaikan akreditasi.

Abstract: The citation activities carried out by the students are still very poor, therefore this activity is carried out to help students to improve their ability to citation of lecturers' article writings to increase the number of citations made by students as for the methods used in this training are guidance and practice methods in guidance. The results of the guidance show that the guidance carried out have a positive impact, especially in improving the ability to produce appropriate citations and relevant to scientific writings made by students in accordance with the preparation of good and correct scientific papers. This guidance activity is also carried out to increase the number of citations for lecturer article writings in scientific journals as a support for increasing accreditation.


Keywords


bimbingan; sitasi; referensi.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Affiati, A., Haifaturrahmah, H., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2021). Tingkat Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31.

Darmuki, A. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa menggunakan media aplikasi Google Meet berbasis unggah tugas video di youtube pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(2), 655–661.

Guntur, T. H. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Edisi Revisi. Angkasa: Bandung.

Harared, N., & Iriyansah, M. R. (2021). Mendeley: Sitasi Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 381–389.

Ismail, H., Nizaar, M., Maryani, S., Nurmiwati, N., Hidayati, H., Haifaturrahmah, H., & Erwin, E. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1042–1050.

Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan aplikasi mendeley desktop mengelola referensi publikasi karya ilmiah mahasiswa. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 64–74.

Lida, U. M., & Eliya, I. (2019). Peran Startup Digital “Ruangguru” Sebagai Metode Long Distance Learning dalam Pembelajaran Bahasa. Edulingua: Jurnal Linguistiks Terapan Dan Pendidikan Bahasa Inggris, 6(2).

LINGKUNG, E. (2018). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan, 7(4).

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.

Milandari, B. D., Nurmiwati, N., Waluyan, R. M., & Muhardini, S. (2021). Gerakan Literasi Melalui Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di SMA Negeri 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Telaah, 6(2), 138.

Nazar, N. A., & Artyasa, U. S. (2006). Bahasa Indonesia dalam Karangan Ilmiah. Humaniora.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra. BPFE-Yogyakarta.

Nurmiwati, N., Akbar, M. A., Mandala, H., Erwin, E., & Thursina, M. (2022). Pelatihan Konsep Surat-Menyurat: Sebuah Upaya Peningkatan Pembuatan Surat-Menyurat Pada Mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 707–714.

Pebriana, P. H. (2018). Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Anak pada Siswa Kelas III Sdn 030 Bagan Jaya. Jurnal Basicedu, 2(1), 148–153.

Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan dan pelatihan sitasi karya ilmiah menggunakan aplikasi Mendeley. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30.

PURWIGAT, Ii. (2020). Studi Penggunaan Omeprazole Pada Pasien Geriatridi Klinik Orthopedi Salah Satu Rumah Sakit Swasta Di Kota Bandung.

Sari, N. P., & Adam, L. N. (2021). Upaya Pencegahan Plagiarisme Dengan Menggunakan Aplikasi Mendeley Dalam Melakukan Penulisan Sitasi Dan Referensi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 586–591.

Syaharuddin, S., Mandailina, V., Saddam, S., Negara, H. R. P., Satriawan, R., & Ibrahim, M. (2021). Minimalisasi Tingkat Plagiat Karya Ilmiah Mahasiswa Melalui Workshop Software Plagiarism Checker X. Bakti Cendana, 4(1), 62–67.

Tarigan, H. G. (1990). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung. PT Angkasa Bandung.

Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. PANDAWA, 3(1), 21–33.

Yuliana, Y. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03), 288–297.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v6i1.13531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: