CAPITAL MARKET LITERATION PROGRAM IN CLASS

Tine Badriatin, Lucky Radi Rinandiyana, Fuzi Waliyul Mujtahidin, Elis Listiana Mulyani

Abstract


Abstrak: Untuk mengenalkan investasi khususnya pasar modal pada kalangan investor muda dapat dilakukan dengan berbagai cara, dalam hal ini penulis melakukan pengabdian pada masyarakat untuk mengenalkan investasi di pasar modal melalui literasi dalam kelas yang dilaksanakan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi sebanyak 120 orang. Harapannya diadakan literasi pasar modal dalam kelas ini adalah para mahasiswa yang merupakan generasi muda dapat memahami tentang investasi di pasar modal serta mengubah paradigma tentang investasi hanyalah sekedar menabung namun juga ada investasi lain selain menabung serta mengubah anggapan menabung menjadi investasi dan mulai bergerak dari saving society menjadi investing society. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kuliah umum dalam kelas dan simulasi online trading Relitrade yang diisi oleh praktisi pasar modal dari PT. Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Kantor Perwakilan Tasikmalaya. Output yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah sudah adanya ketertarikan dari mahasiswa untuk memulai menjadi investor pemula yang mana hal ini ditandai dengan adanya mahasiswa yang mulai mencoba bertanya bahkan mendaftar untuk membuka rekening saham.

Abstract: To introduce investment, especially the capital market, to young investors can be done in various ways, in this case the authors devote to the community to introduce investment in the capital market through literacy in classes conducted at the Faculty of Economics, Siliwangi University students as many as 120 people. It is hoped that capital market literacy will be held in this class. Students who are young people can understand about investing in the capital market and change the paradigm of investment to save money, but there are also other investments besides saving and change the notion of saving into investment and start moving from saving society to investing society. The method used in this activity is a public lecture in class and an online trading simulation Relitrade filled by capital market practitioners from PT. Reliance Sekuritas Indonesia, Tbk Tasikmalaya Representative Office. The output generated from this activity is that there is already an interest from students to start becoming a novice investor which is marked by the students who start trying to ask questions and even register to open a stock account.


Keywords


Literasi, Pasar Modal, Kuliah umum, Simulasi.

Full Text:

PDF

References


Badriatin, T., & Rinandiyana, L. R. (n.d.). New Investor Class Program As A Means To Increase Capital Market Literation And Inclusion In Faculty Of Economic Students Of Siliwangi University Through Gibei-Fe Unsil-Reli.

Juliati, Y. S. (2015). Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 95–112.

Keuangan, P. O. J. (2016). 76/POJK. 07/2016 Tentang Peningkatan Literasi Dan Inklusi Keuangan Di Sektor Jasa Keuangan Bagi Konsumen Dan. Atau Masyarakat.

Law, A. M., Kelton, W. D., & Kelton, W. D. (2000). Simulation modeling and analysis (Vol. 3). McGraw-Hill New York.

Lestari, S. (2015). Literasi Keuangan Serta Penggunaan Produk dan Jasa Lembaga Keuangan. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 14(2).

Mar’ati, F. S. (2012). Mengenal Pasar Modal (Instrumen Pokok Dan Proses Go Public). Jurnal Ilmiah Among Makarti, 3(5).

Sikapiuangmu. (2018). Kenali Sejarahnya dan Yakin Berinvestasi di Pasar Modal Indonesia. Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id. Retrieved from https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10463

Sriwidjaja Rauf. (2018). Dorong Semakin Banyak Investor Muda di Pasar Modal, Reli Gencarkan Edukasi ke Milenial. Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read204684/dorong-semakin-banyak-investor-muda-di-pasar-modal-reli-gencarkan-edukasi-ke-milenial.html

Tine Badriatin. (2017). Investasi saham mudah dan terjangkau. Retrieved from https://www.radartasikmalaya.com/investasi-saham-mudah-dan-terjangkau/

Wauran-Wicaksono, I. (2014). Tanggung Jawab Emiten Dan Profesi Penunjang Pasar Modal Atas Isi Prospektus Yang Tidak Benar Dalam Penawaran Umum Reksa Dana. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 8(2), 153–168.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v2i1.1546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: