PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN PEKA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK PGRI 1 CIMAHI

Eneng Marrtini, Rudi Prasetyo Ardi

Abstract


Abstrak: Tujuan dari kegiatan pengabdian ini untuk menganalisis kondisi pembelajaran PPKn dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknolgi dengan nama media aplikasi PeKa untuk meningkatkan kompetensi kewarganegaraan, dan menganalisis efektivitasnya. Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui beberapa tahapan: 1) persiapan kegiatan; 2) pelaksanaan kegiatan; 3) evaluasi dan monitoring; dan 4) publikasi dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan: Kondisi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang berlangsung di sekolah menengah kejuruan saat ini masih perlu adanya pengembangan baik itu dalam materi, metode, media, sumber dan evaluasi. Media yang digunakan sebagai penunjang dalam model pembelajaran yang digunakan adalah Aplikasi PeKa, dan terbukti efektif dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi kewarganegaraan (Civic Knowledge, Civic Skill dan Civic Disposition) siswa. Sehingga media yang dikembangkan ini menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran PPKn dalam meningkatkan kompetensi kewarganegaraan.

Abstract: The purpose of this community service activity is to analyze the condition of PPKn learning by developing technology-based learning media called PeKa application media to improve citizenship competency, and to analyze its effectiveness. The implementation of Community Service Activities goes through several stages: 1) preparation of activities; 2) implementation of activities; 3) evaluation and monitoring; and 4) publication and documentation. The results of the study show: The condition of Pancasila and Citizenship Education that is currently taking place in vocational high schools still needs development, both in terms of materials, methods, media, sources and evaluation. The media used as a support in the learning model used is the PeKa Application, and has proven to be effective and has a significant influence on students' citizenship competency (Civic Knowledge, Civic Skill and Civic Disposition). So that the media developed is one of the alternatives in PPKn learning in improving citizenship competency.


Keywords


aplikasi pembelajaran; PEKA; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References


Affiati, A., Haifaturrahmah, H., Mariyati, Y., & Saddam, S. (2021). Tingkat Keaktifan dan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Penggunaan Video Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 27–31.

Aprionika, D., Rejeki, S., Hafsah, H., Sakban, A., & Saddam, S. (2022). The Behavior of Mataram City Residents in Facing Covid-19. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 24–29. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=c3UBXGUAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=c3UBXGUAAAAJ:UxriW0iASnsC

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baidowi, A. (2019). Penerapan Model Market Place Activity (MPA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kedir.

Danusaputra, A. (2012). Implementasi Kurikulum Smk-Rsbi Invest Pada Kompetensi Keahlian Teknik Perbaikan Bodi Otomotif Smk Negeri 2 Depok.

Fernanda, F. F. H., Rahmawati, L. E., Putri, I. O., & Nur’aini, R. (2020). Penerapan literasi digital di smp negeri 20 surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 141–148.

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.

Hadi, A. (2019). Moralitas Pancasila dalam konteks masyarakat global: mengkaji pendidikan kewarga negaraan untuk penguatan nilai moral dalam konteks globalisasi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 8(2), 123–138.

Indrawati, F. A., & Wardono, W. (2019). Pengaruh self efficacy terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Irwan, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity Berbantuan Internet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Kelas Viii Smpn 3 Lembang Kab. Pinrang.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Nuratilah, A. S., Cahyani, A. P., & Fazrian, M. D. (2022). Strategi guru dalam memanfaatkan pembelajaran berbasis digital pada kurikulum darurat COVID-19. As-Sabiqun, 4(1), 163–175.

Isnaini, I., Humaira, H., Saddam, S., Nurlailah, N., & Kamaludin, K. (2022). Internalisasi Nilai Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pilot Project Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(1), 7–12.

Juwandi, R. (2020). Penguatan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan berbasis pembelajaran daring di era digital 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 448–451.

Mandailina, V., Saddam, S., Ibrahim, M., & Syaharuddin, S. (2019). UTAUT: Analysis of usage level of Android applications as learning media in Indonesian educational institutions. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(3), 16–23.

Martini, E. (2022). Pembelajaran Pendidikan Kewarganeraan berbasis kecakapan abad 21 dalam meningkatkan kompetensi kewarganegaraan di pendidikan kejuruan. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 7(1), 9–16.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218–225.

Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan untuk membangun wawasan global warga Negara muda. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).

Pangalila, T. (2017). Peningkatan civic disposition siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Raharjo, R. (2020). Analisis perkembangan kurikulum PPKn: dari Rentjana pelajaran 1947 sampai dengan merdeka belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82.

Ramadhani, N., Sembiring, M., & Wibawa, S. (2018). Upaya meningkatkan patriotisme dengan metode diskusi materi bela negara pelajaran pkn siswa kelas xi ipa sma ypis maju binjai tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 68.

Rejeki, S., Saddam, S., & Muttaqin, Z. (2022). Evaluasi Implementasi Pemanfaatan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pembelajaran Daring. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(4), 18–22.

Saddam, S. (2023). Kepribadian Konservasi Berbasis Habituasi. Amazing Life Publikasi.

Sawaludin, S., Muttaqin, Z., Sina, S., & Saddam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Mahasiswa Melalui Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3443

Simandjuntak, M. E., Saraswati, R., Sarwo, Y. B., Wahyati, Y. E., Suroto, V., & Putrianti, C. (2020). Kesesuaian Materi Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Di Provinsi Jawa Tengah Berikut Perubahannya Yakni Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 22 Tahun 2019 Dengan Nilai-Nilai Pancasila.

Siska, Y. (2018). Pembelajaran Ips Di Sd/Mi. Garudhawaca.

Suryani, C., & Wiryadigda, P. (2022). Literasi Digital Informasi Dikalangan Guru Mojokerto. Communicator Sphere, 2(1), 20–28.

Susanto, A. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Kencana.

Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.




DOI: https://doi.org/10.31764/jces.v5i4.30006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=======================

JCES (Journal of Character Education Society)
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 852-3764-1341

=======================

======================= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

JCES (Journal of Character Education Society) already indexed:

            

  

EDITORIAL OFFICE: