Efektivitas Kinerja Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Dalam Penanganan Maladministrasi Pada Pelayanan Publik

Resnu Ardian Pratama, Simson Ginting

Abstract


Adanya ketidaksesuaian antara zona kepatuhan wilayah dan jumlah laporan yang masuk pada Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara. Wilayah dengan kepatuhan rendah justru menyumbang laporan sedikit, sebaliknya wilayah dengan kepatuhan tinggi justru menyumbang banyak laporan. Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mendeskripsikan Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dalam Penanganan Maladministrasi pada Pelayanan Publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan pendekatan teori Emitai Etzioni dengan pengukuran efektivitas melalui empat dimensi/kriteria yaitu Adaptasi, Integrasi, Motivasi dan Produksi. Melalui penelitian ini diketahui bahwa Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara sudah cukup efektif dalam penanganan maladministrasi. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya Ombudsman Perwakilan Sumatera Utara dalam memenuhi target kinerja per tahunnya. Walaupun demikian terdapat beberapa kendala terutama dalam hal anggaran dan keterbatasan sumber daya manusia.

Full Text:

PDF

References


Etikawati, E., & Udjang, R. (2016). Strategi Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 4(1), 9–23. https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.443

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter : Konsep dan Implementasi. Bandung : Alfabeta.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Erlangga.

Indrawijaya, A. I. (2014). Teori, perilaku, dan budaya organisasi (A. Mifika (ed.)). Bandung : Refika Aditama.

Jhuji, Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 113.

Maulana, F. (2019). Kemitraan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Dengan Kedan Dalam Pengawasan Pelayanan Publik. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Miskiani, K. A., & Bagia, I. W. (2020). Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja Disiplin Kerja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 120–129.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (cetakan ke). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nurdin, I. (2019). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK ( PERILAKU APARATUR DAN KOMUNIKASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK) (S. H. Lutfiah (ed.)). Surabaya : Penerbit Media Sahabat Cendekia Pondok Maritim Indah.

Nurtjahjo, H., Masturbongs, Y., & Indah, D. (2013). Memahami Maladministrasi. Jakarta : Ombudsman Republik Indonesia.

Pekei, B. (2016). Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi (Cetakan 1). Jakarta: Taushia.

Raharjo, S. T. (2016). Pengaruh Kemampuan Adaptasi dan Keunggulan Sumber Daya Manusia pada Kinerja Proses untuk Meningkatkan Kinerja Kualitas Produk pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. JP Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsoed, 34–47.

Sinaga, Y. (2019). Koordinasi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara sebagai State Auxiliary Organ dalam Pengawasan Pelayanan Pendidikan di Sumatera Utara. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sinta, D., & Syelviani, M. (2021). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Kinerja Tim Rekam Medis Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan. Jurnal Analisis Manajemen, 7(1), 16–28. https://www.ejournal.unisi.ac.id/index.php/jam/article/download/1652/984

Steers, R. M. (1985). Efektivitas Organisasi : Kaidah Perilaku (Terjemahan) (J. Magdalena (ed.); 4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Undang – Undang No.25 Tahun 2009.

Wardani, R. K. (2018). Efektivitas dan Efisiensi Kinerja Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara dalam Pelayanan Publik Bidang Pendidikan di Kota Medan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman. Universitas Negeri Medan.

Yuniar, G. S., & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Pada Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 26 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v11i1.13242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: