Analisis Implementasi Kebijakan Pembangunan Kalurahan Berdasarkan UU Keistimewaan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Jennie Maharani, Dewi Amanatun Suryani

Abstract


Penelitian ini tentang Implementasi Kebijakan Pembangunan Kalurahan Berdasarkan UU Keistimewaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah bahwa meskipun pembangunan telah dilaksanakan namun angka kemiskinan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta  tergolong masih cukup tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif yang berasal dari dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini ditelaah menggunakan teori implementasi kebijakan  publik yang dikemukakan oleh Merilee S. Grindle serta  melihat capaian indikator keberhasilan dari Implementasi Kebijakan Pembangunan Kalurahan Berdasarkan UU Keistimewaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa masih terdapat beberapa kendala/hambatan dilihat dari indikator teori Merilee S. Grindle dan capaian indikator Implementasi Kebijakan Pembangunan Kalurahan Berdasarkan UU Keistimewaan di Daerah Istimewa Yogyakarta belum memiliki pengaruh yang signifikan terutama pada pengurangan angka pengangguran.


Keywords


Implementasi, Kebijakan, Pembangunan, Desa/Kalurahan

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahmat, Ahmad Izzudin, & S. K. (2015). Menguatkan Pembangunan Desa Berkelanjutan: Perspektif Implementasi UU Desa No. 6 Tahun 2014 di Kabupaten Bantul. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 2, 88–99.

Agustino, L. (2012). Dasar - Dasar Kebijakan Publik. Alfabeta CV.

Arifin Tahir. (2014). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Alfabeta CV.

Asep Hermawan & Husna Leila Yusran. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika Kajian Ilmiah Kuliah Umum, 21, 33–54.

Febriani, R. E. (2020). Kajian Kesejahteraan di Provinsi Bengkulu : Sebuah Temuan dari Analisis Jalur. The Journal of Economic Development, 2, 16–35.

Harahap. (2020). Penelitian Kualitatif (Wal Ashri).

Lexy J Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Made. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Serta Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten/Kota Provinsi Bali. E Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana.

Masriani. (2017). Implementasi Kebijakan Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Anak - Anak Pengemis di Kecamatan Mandau). JOM Fisip, 4.

Puguh Budiono. (2015). Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Bojonegoro (Studi di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu dan Desa Kedungprimen Kecamatan Kanor). Jurnal Politik Muda, 4, 119.

Raja Abumanshur Matridi, Dedi Zuraidi, Rendra Setyadiharja, Endri Sanopaka, Desrian Effendi, D. S. U. (2015). An Evaluation of P3DK (An Acceleration of Development Village Program): A Reviewing on Failure toward Revolving Loan Fund System in Kepulauan Riau Province, Indonesia. Social and Behavioral Sciences, 189–197.

Rokim. (2019). Analisis Kebijakan Versi Dunn & Implementasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam, 14, 60–69.

Sangadji, M. (2014). Analisis Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pengangguran di Kota Ambon. Jurnal Ekonomi, VIII.

Solichin Abdul Wahab. (2012). Analisis Kebijakan : Dari Formulasi ke Penyusunan Model - Model Implementasi Kebijakan Publik. PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung (ed.)). Alfabeta CV.

Syamsul Bahri. (2020). Model Implementasi Program Lembaga Penjaminan Mutu. Widina Bhakti Persada.

Wahyuni, S. (2012). Qualitative Research Method: Theory and Practice. Salemba empat.

Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Inflasi Jumlah Penduduk dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Provinsi Aceh. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 05.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v11i2.17458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: