Penguatan Kapasitas Kelembagaan Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat kepada Presiden RI

Metia Pratiwi, Roy Valiant Salomo

Abstract


Kebebasan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan tidak terkecuali kepada Presiden RI. Jumlah pengaduan masyarakat kepada Presiden RI menunjukan tren kenaikan setiap tahunnya, dengan jumlah signifikan di era Pemerintahan Joko Widodo. Seiring dengan tingginya tuntutan masyarakat terhadap penyelesaian masalah di lembaga kepresidenan dan kecepatan dinamika lingkungan, maka penguatan kapasitas kelembagaan Kementerian Sekretariat Negara sangatlah vital. Namun dalam praktiknya penyelenggaraan penanganan pengaduan masih jauh dari harapan, yakni banyak pengaduan yang belum mendapatkan penyelesaian dari instansi terkait, belum terbentuknya sinergisitas penanganan pengaduan, dan mekanisme kerja yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas kelembagaan yang perlu diperkuat dalam menyelenggarakan penanganan pengaduan masyarakat kepada Presiden RI. Peneliti menggunakan pendekatan post positivisme dengan metode penelitian kualitatif melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlu penguatan kapasitas kemampuan SDM dalam menjalankan tugas dan fungsi public complaint handling melalui pendidikan dan pelatihan, pengembangan dan pemanfaatan sistem teknologi dalam mengelola dan menganalisis data pengaduan serta memperlancar proses bisnis yang masih terkendala, proses evaluasi kinerja penanganan secara menyeluruh, pembentukan payung hukum sebagai pedoman penanganan pengaduan masyarakat kepada Presiden RI, dukungan dari pimpinan, dan kerja sama secara kelembagaan antar mitra pengelola pengaduan dalam menangani pengaduan masyarakat kepada Presiden RI.


Keywords


Kapasitas Kelembagaan; Sumber Daya; Manajemen; Penanganan Pengaduan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Haryono, Bambang, dkk. 2012. Capacity Building. Malang: UB Press

Faulkner, M. 2003. Customer Management Excellence. John Wiley & Sons Limited: Sussex

Wibawa, Samodra. 2009. Administrasi Negara: Isu-Isu Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu

Ahmad, T., Farrukh, F., & Nazir, S. (2015). Capacity building boost employees performance. Industrial and Commercial Training, 47(2), 61–66. https://doi.org/10.1108/ICT-05-2014-0036

Brewer, B. (2007). Citizen or customer? Complaints handling in the public sector. International Review of Administrative Sciences, 73(4), 549–556. https://doi.org/10.1177/0020852307083457

Department of Health & Human Services. (2012). Guide to Complaint Handling in Health Services. 56.

Floden, R. E., Goertz, M. E., Day, J. O., Floden, B. Y. R. E., Goertz, M. E., & Day, J. O. (2012). Capacity Building in Systemic Reform The authors hope that out the framework analysis is also needed to understand the role capacity and its. 77(1), 19–21.

Frymier, J. (1987). Phi Delta Kappa International. Phi Delta Kappan, 69(1), 8–14.

Heracleous, L., & Johnston, R. (2009). Can business learn from the public sector? European Business Review, 21(4), 373–379. https://doi.org/10.1108/09555340910970454

Horton, D., Alexaki, A., Bennett-lartey, S., Brice, K. N., Campilan, D., Carden, F., … Duong, L. T. (n.d.). Organizations around the World.

Jenivia Dwi Ratnasari, Mochamad Makmur, H. R. (2016). Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(3), 103–110.

Lusthaus, C., Adrien, M.-H., Anderson, G., & Carden, F. (1999). Enhancing Organizational Performance - A TOOLBOX FOR SELF-ASSESSMENT. In Organization Studies (Walter de Gruyter GmbH & Co. KG.) (Vol. 20). https://doi.org/10.2307/2667047

Monizsya, C. B. (n.d.). KERJA DAN KINERJA KARYAWAN ( Studi Pada Karyawan Bagian Sales Force PT Telkom Indonesia Witel Jatim Surabaya ). 38(1), 74–82.

Milen, A. (2001). What Do We Know About Capacity Building? An Overview of Existing Knowledge and Good Practice. Geneva: World Health Organization

New South Wales Ombudsman. (2017). Effective Complaint Handling Guidelines. Sydney, ISBN 978-1-925569-2-9

Overview of UNDP’s Approach to pp Supporting Capacity Development Capacity Development Group Bureau for Development Policy United Nations Development Programme. (2009). Retrieved from https://www.undp.org/content/dam/aplaws/publication/en/publications/capacity-development/undp-capacity-development-presentation_august-2009/Capacity Development UNDP August 2009.pdf

Menpan.go.id. (2016). Pengaduan: Bentuk Kepedulian Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan. https://rbkunwas.menpan.go.id/artikel/artikel-rbkunwas/170-pengaduan-bentuk-kepedulian-masyarakat-terhadap-penyelenggaraan-pemerintahan

Menpan.go.id. (2018). Monitoring Dumas Setneg Hadir Rakyat Berterimakasih kepada Presiden. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/monitoring-dumas-setneg-hadir-rakyat-berterimakasih-kepada-presiden




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v8i1.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: