Optimalisasi Kinerja Karyawan Dalam Pengelolaan Media Digital Bumdes Sekapuk Melalui Kerangka Kerja Smart Goals

Mila Dwi Safitri, Agus Zainal Abidin, Afifuddin - -

Abstract


Pengelolaan media digital oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sekapuk dapat menjadi potensi besar dalam meningkatkan ekonomi pedesaan di tengah era digitalisasi saat ini. Namun, implementasi media digital seringkali tidak optimal, menyebabkan potensi tidak termanfaatkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara antara SMART Goals dan kinerja karyawan dalam pengelolaan media digital BUMDes Sekapuk agar lebih optimal. Melalui pendampingan dari BUMDes.id dan penerapan kerangka SMART Goals, BUMDes Sekapuk telah menetapkan tujuan spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu. Hasil temuan menunjukkan peningkatan kinerja karyawan dalam mengelola media digital, dengan peningkatan engagement, jumlah pengikut, dan interaksi pengguna yang terukur. Selain itu, implementasi SMART Goals terbukti relevan dengan visi BUMDes Sekapuk dan telah membawa dampak yang cukup positif. Penelitian ini menyarankan peningkatan program pelatihan dan adopsi teknologi terkini serta tetap mengikuti perkembangan tren media sosial untuk mendukung efisiensi kerja di masa depan. Dengan tetap mengikuti perkembangan teknologi dan tren media sosial, BUMDes Sekapuk dapat tetap relevan dan kompetitif di era digital. Penelitian selanjutnya perlu mengkaji dampak langsung optimalisasi kinerja karyawan terhadap pertumbuhan pendapatan dan keberlangsungan BUMDes secara keseluruhan

Keywords


Digitalisasi Pedesaan, SMART Goals, Efisiensi Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Akbar, H. and Saputra, R. (2023) ‘Evaluasi Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi Terhadap Tools Internal Framework Cobit 2019’, Sebatik, 27(2), pp. 589–605. doi: 10.46984/sebatik.v27i2.2336.

Andriono, M., Isnaeni, D. and Ayu, I. K. (2014) ‘KEDUDUKAN BUMDESA SETELAH DITETAPKANNYA PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA APABILA TERJADI PERUBAHAN AD/ART (Studi BUMDesa Giri Mulyo di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu)’, KEDUDUKAN BUMDESA SETELAH DITETAPKANNYA PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA APABILA TERJADI PERUBAHAN AD/ART (Studi BUMDesa Giri Mulyo di Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu), pp. 5301–5318. Available at: https://jim.unisma.ac.id/index.php/jdh/article/view/16733/12868.

Asbara, N. W. et al. (2023) ‘Strategi Pengembangan BUMDesa yang Berdaya Saing di Era Digitalisasi Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi’, Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 5(2), pp. 121–130. doi: 10.35970/madani.v5i2.1890.

Basuki, A. and Cahyani, A. D. (2022) Digital Marketing. Media Nusa Creative.

Creswell, J. W. (2009). Research designs. Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Darmayanti, P. W., I Made Darma Oka and Fransiska Fila Hidayana (2023) ‘Peran Digital Marketing Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Tabanan’, Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata, 3(2), pp. 21–29. doi: 10.53356/diparojs.v3i2.78.

Efendi, L. M. and Tohet, M. (2023) ‘Pengelolaan Literasi Digital Berbasis SMART Menuju Good Practice School’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), pp. 914–923. doi: 10.31949/educatio.v9i2.4848.

Gapila, C. et al. (2021) ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Smart Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian’, Nabla Dewantara, 6(1), pp. 46–59.

Hananto, V. R., Churniawan, A. D. and Wardhanie, A. P. (2017) ‘Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan’, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 11(1), p. 79. doi: 10.32815/jitika.v11i1.55.

Hariyoko, Y. (2023) ‘BUMDes management patterns in improving the village economy at Ngawun Bersatu BUMDes , Tuban Regency’, 8(2), pp. 139–147. doi: 10.26905/pjiap.v8i2.8684.

Maimela, E. M. and Samuel, M. O. (2016) ‘Perception of performance management system by academic staff in an open distance learning higher education environment’. doi: https://doi.org/10.4102/sajhrm.v14i1.784.

Mubarok, M. and Hertati, D. (2024) ‘STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA RINTISAN OLEH BADAN USAHA MILIK DESA ( BUM Desa ) DI DESA WISATA PANDANREJO’, 11(1), pp. 2020–2024.

Nihayah, U. 2023 (2023) ‘Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Digitalisasi Informasi di Desa Sidomulyo’, 2, pp. 19–39.

Prabowo, T. L. and Irwansyah, I. (2018) ‘Media Komunikasi Digital PolisiKu: Pelayanan Publik Polri kepada Masyarakat’, Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(3), p. 382. doi: 10.25139/jsk.v2i3.1174.

Rattu, P. N., Pioh, N. R. and Sampe, S. (2022) ‘Optimalisasi Kinerja Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan dalam Perencanaan Pembangunan (Studi di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Minahasa)’, Jurnal Governance, 2(1), pp. 1–9.

Rohman, A., Rozikin, M. and Adhitama, M. O. (2023) ‘Empowerment model by Village Owned Enterprises (BUMDes) realizing sustainable village tourism in Malang Regency’, Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2), pp. 114–126. doi: 10.26905/pjiap.v8i2.8264.

Rusyandi, D. and Rachmawati, R. (2018) ‘Evaluasi Penilaian Kinerja dengan Menggunakan Metode SMART dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja’, STIE Ekuitas. Available at: http://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/443.

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S. and Premayani, N. W. W. (2020) ‘“Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System”’, Carrade : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), pp. 65–75. doi: 10.31960/caradde.v3i2.467.

Setiawati, W., Erwina, W. and Perbawasari, S. (2022) ‘Digital branding Kantor Arsip Universitas Padjadjaran dalam upaya penguatan reputasi’, PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(2), p. 243. doi: 10.24198/prh.v6i2.35902.

Utarini, A. (2021) Tak Kenal Maka Tak Sayang: Penelitian Kualitatif dalam Pelayanan Kesehatan. Edited by Galih. Gajah Mada University Press. Anggota IKAPI dan APPTI. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=QPrqDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Untuk+memastikan+kepercayaan+dan+validitas+data,+peneliti+akan+menggunakan+strategi+triangulasi+data,+member+check,+dan+penyediaan+rich+thick+description.+&ots=bCqINEUasl&sig=sK6U.

Wibowo, A. (2023) ‘Analisis Pemasaran Digital’.

Windiasih, R. (2019) ‘Komunikasi Pembangunan Di Era Digital Melalui E-Government Dalam Pelayanan Publik Dan Pemberdayaan (Development Communication In The Digital Era Through E-Government In Public Services And Empowerment)’, Journal of Extension and Developmen, 1(1), pp. 14–21.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v12i1.22300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: