Implementasi Kebijakan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) Di Puskesmas Sinar Baru Pada Tahun 2018

Sudracun Sudracun, Mirawati Wati, Zakiyudin Fikri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Implementasi kebijakan program Posbindu PTM di Puskesmas Sinar Baru pada tahun 2018. Program Posbindu PTM merupakan salah satu program pemerintah Kabupaten Bangka dalam menanggapi masalah Penyakit Tidak Menular (PTM) di Puskesmas Sinar Baru. Adanya program Posbindu PTM ini bertujuan untuk menurunkan persentase Penyakit Tidak Menular (PTM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Puskesmas Sinar Baru pada tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan trianggulasi. Teori yang digunakan yaitu teori Jones dalam Widodo (2007:89-96) yang terdiri dari dimensi organisasi, dimensi interprestasi dan dimensi aplikasi serta untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi, peneliti menggunakan teori Edward III dalam Nugroho (2017:747) yang terdiri dari komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa para pelaksana Program Posbindu PTM personil kurang lengkap dan mempunyai tugas rangkap. Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi sangat mempengaruhi implementasi kebijakan program Posbindu PTM di Puskesmas Sinar Baru pada tahun 2018.

Keywords


Implementasi program, Kebijakan Publik, Posbindu PTM.

Full Text:

PDF

References


Lexy J, Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Narimawati Umi. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media Group

Bastian, Indra 2007. Sistem Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Kementrian kesehatan Republik Indonesia tahun 2014.

Pusat data dan Informasi ,kementrian kesehatan Republik Indonesia, Penyakit Tidak Menular, dipublikasikan pada: thu, 01 November 2012.(https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/13010200029/penyakit-tidak-menular.html.)

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2015 Tentang Penanggulangan Penyakit Tidak Menular.

Peraturan Bupati Bangka Nomor 16 A Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal di Kabupaten Bangka.

Kerangka acuan kegiatan Posbindu PTM di Puskesmas Sinar Baru pada tahun 2017.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang teknis pemenuhan mutu pelayanan dasar pada standar pelayanan minimal bidang kesehatan.

Data sumber pengelola program Posbindu PTM di Puskesmas Sinar Baru pada tahun 2016-2018.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiap.v8i2.2738

Refbacks



JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik)
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) terindeks di:

        

 EDITOR'S OFFICIAL: