MOTIVASI KERJA STAFF PERPUSTAKAAN NON SARJANA ILMU PERPUSTAKAAN PADA SMAN KOTA DUMAI

Dinda Rania Safira, Triono Dul Hakim, Vita Amelia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja staf perpustakaan non Sarjana Ilmu Perpustakaan pada SMAN di Kota Dumai. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN Dumai. Subjek dalam penelitian ini adalah Staf perpustakaan yang berlatar belakang non sarjana Ilmu Perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan motivasi kerja staf perpustakaan non Sarjana Ilmu Perpustakaan Pada SMAN di Kota Dumai dilihat dari gaji yang sesuai dimana gaji dapat berperan dalam meningkatkan motivasi pegawai untuk bekerja lebih efektif, meningkatkan kinerja, meningkatkan produktivitas serta mengimbangi kekurangan dan keterlibatan komitmen yang menjadi ciri pekerja termasuk staf perpustakaan yang berasal dari non Sarjana Ilmu Perpustakaan. Motivasi kerja staf perpustakaan non Sarjana Ilmu Perpustakaan Pada SMAN di Kota Dumai dilihat dari budaya instansi dapat mempengaruhi motivasi dalam bekerja termasuk staf perpustakaan yang berasal dari non Sarjana Ilmu Perpustakaan. Budaya ini akan ditanamkan kepada setiap pegawai sehingga mereka mampu bersikap dan memiliki pola pikir sesuai arahan instansi. Motivasi kerja staf perpustakaan non Sarjana Ilmu Perpustakaan Pada SMAN di Kota Dumai dilihat dari tujuan bekerja dapat mempengaruhi motivasi dalam bekerja termasuk staf perpustakaan yang berasal dari non Sarjana Ilmu Perpustakaan.


Full Text:

PDF (142-149)

References


Creswell, John W. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (4th Ed.). Pustaka Pelajar.

Erriani, & Muljono, P. (2018).Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerjastaf Perpustakaan Di Lingkup Kementerian Pertanian. 14(1).

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E., Istiqomah, R., Fardani, R., Sukmana, D., & Auliya, N. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV Pustaka Ilmu Group.

Idris, S. R., Londa, N. S., & Runtuwene, A. (2021). Motivasi Kerja Staf Non Sarjana Ilmu Perpustakaan Sebagai Pengelola Bahan Pustaka Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaankotagorontalo.Actadiurna…,1–7.

Khairunisa, F. (2017). Motivasi Kerja Staf Perpustakaan Non Sarjana Ilmu Perpustakaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Pustaka Kementerian Pertanian [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah].

Nugrohoadhi, A. (2014). Motivasi Kinerja Staf Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta Setelah Keluarnya Jabatan Fungsional Staf Perpustakaan. 2(1), 28–37.

Puspita, R. (2015). Motivasi Kerja Di Perpustakaan Bagi Staf Perpustakaan Lulusan Non Ilmu Perpustakaan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Putri, A. W., & Permana, A. (2013). Analisis Latar Belakang Pendidikan Tenaga Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang. 2(1), 1–11.

Rusiadi. (2013). Metode Penelitian (1st Ed.). Publishing & Printing.

Sanjaya, A. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia Non Sarjana Di Perpustakaan Umum Provinsi Dki Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sarwono, J. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Setiawan, N. R., & Krismayani, I. (2019). Pengaruh Pemberian Motivasi Kerja Kepala Dinas Terhadap Tenaga Perpustakaan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 161–170.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung, CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (Ed.)). Penerbit Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v6i1.21028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: