LITERASI ALQURAN DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA BACA ALQURAN BAGI SISWA

La Ode Rusadi, Raodah HS, Herman Herman, Fendy Fendy, Suriadi Suriadi, Kamaluddin Mantasa

Abstract


Program literasi Al-Qur’an merupakan kegiatan yang mendukung kemampuan siswa dalam menumbuhkan budaya baca Al-Qur’an.  Fokus masalah yang dibahas yaitu bagaimana efektifitas kegiatan literasi Al-Qur’an memiliki dampak bagi siswa dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana proses kegiatan literasi Alquran, (2) mengetahui efektifitas kegiatan literasi Al-Qur’an memiliki dampak bagi siswa dalam membaca Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah data primer yaitu hasil wawancara dengan informan dan data sekunder yaitu data yang didapatkan dari catatan observasi, buku dan jurnal. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan literasi Al-Qur’an dimulai dari tahapan penetapan jadwal kegiatan literasi Al-Qur’an, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan literasi Al-Qur’an dan yang terlibat dalam kegiatan literasi Al-Qur’an. Adapun bentuk- bentuk kegiatan literasi Al-Qur’an meliputi rangkaian kegiatan literasi Al-Qur’an, metode pelaksanaan membaca Al-Qur’an dan materi serta penilaian pada kegiatan literasi Al-Qur’an. Kegiatan literasi Al-Qur’an memberikan dampak yang baik pada siswa. Hasil dari kegiatan literasi Al-Qur’an pada siswa yaitu dengan kegiatan literasi Al-Qur’an dapat menambah minat siswa dalam membaca Al-Qur’an, kegiatan literasi Al-Qur’an memberikan motivasi kepada siswa dalam membudayakan membaca Al- Qur’an dan kegiatan literasi Al-Qur’an memberikan pendidikan akhlak terhadap siswa dengan ayat yang dibaca.

Kata Kunci: Literasi Al-Qur’an, Al-Qur’an, Budaya Baca.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Farid dan Hamidulloh Ibda. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori ke Praktik. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Al-Qaththan, Syaikh Manna. (2006). Pengantar Studi Ilmu Alquran. Jakarta: Pustaka

Al Kautsar. Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama, 2012.

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format- format Kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi; kebijakan publik, Komunikasi, manajemen dan pemasaran. Jakarta:Kencana.

Daming, Muhammad. (2017). Keagungan Alquran. Jogyakarta: Pustaka Al Zikra. Firdianti,

Arinda. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Gre Publishing.

Ichsan, Ahmad Shofiyuddin. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Islam. Al- Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam.

La Ode Rusadi. “Preservasi Bahan Pustaka.” Journal Papyrus: Sosial, Humaniora, Perpustakaan dan Informasi, Vol. 1 No. 2 (2022): 1–14

https://papyrusuim.id/index.php/jp/article/view/7

Muin, Aswar. (2013). Information Literacy Skills. Strategi Penelusuran Informasi online. Makassar: Alauddin University Press.

Mulyani,dkk. (2018). Alquran Literacy for Early Childhood with Storytelling Techniques. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini.

Mustofa, Muhammad, dkk. ( 2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Jakarta: Get Press Indonesia.

Ridwan, R. (2023). ANALISIS PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI DI SDN 12 AMPENAN). Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 7(2), 124-135.

Syarif Hidayatullah Ramadhani, Muh. Fihris Khalik, La Ode Rusadi. “Pemanfaatan Koleksi Digital (E-Thesis) Sebagai Sumber Informasi Pemustaka Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar.”Jurnal Perkamen: Perpustakaan, Informasi, Sosial, dan Humaniora, Vol. 1 No. 1 (2023): 1–15. https://journal-uim- makassar.ac.id/index.php/perkamen/articl e/view/684.

Tolchah, Moch. (2016). Aneka Pengkajian Studi Alquran. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.21216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: