DESAIN SISTEM INFORMASI DELIVERY SERVICE PADA PERPUSTAKAAN DENGAN UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML)

Dara Septiara, Prayumi Wikanti Asning, Agung Fatwanto

Abstract


Perancangan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu teknologi dan informasi yang menjadikan berbagai aktivitas manusia terasa lebih mudah. Berbagai keperluan sudah dapat terpenuhi hanya dengan berdiam di rumah dengan melakukan pemesanan menggunakan konsep e-commerce. Dalam dunia perpustakaan konsep tersebut berkaitan dengan kegiatan-kegiatan  yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari perpustakaan seperti layanan, sehingga di sini penulis berinovasi untuk memberikan layanan terbaru dari perpustakaan yaitu delivery service. Dalam membangun layanan tersebut, perlu dibuat rancangan awal, sehingga penulis menggunakan model unified modelling language serta menggunakan dua diagram yaitu use case diagram dan activity diagram.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam use case diagram, terdapat pustakawan sebagai aktor dan log in sebagai include, fitur-fitur use case yang kemudian di extend dalam beberapa fitur tambahan, pengguna aplikasi ojek online sebagai spesialisasi dan fitur pengiriman tanpa antri sebagai association. Fitur-fitur use case tersebut kemudian dirincikan dalam activity diagram dan dalam penelitian ini penulis juga memberikan ilustrasi visual dari perangkat aplikasi layanan delivery service perpustakaan.


Full Text:

PDF (1-24)

References


Hosting, R. J. (2022, June 10). Pengertian Use Case Diagram, Simbol, Contoh & Cara Buatnya. Blog Jagoan Hosting. https://www.jagoanhosting.com/blog/use-case-diagram/

Ilmi, B. (2018). Analisis Konteks Lingkungan Sistem Informasi Perpustakaan di Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang Berdasarkan Aspek yang Mempengaruhi Pengembangan Sitem Informasi. https://www.academia.edu/34652172/

Analisis_Konteks_Lingkungan_Sistem_Informasi_Perpustakaan_di_Perpustakaan_Pusat_Universitas_Negeri_Malang_Berdasarkan_Aspek_yang_Mempengaruhi_Pengembangan_Sitem_Informasi

Intern, D. (2021, March 9). Apa itu Activity Diagram? Beserta Pengertian, Tujuan, Komponen. Dicoding Blog. https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-activity-diagram/

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2018). Management Information Systems: Managing the Digital Firm (11th ed.). Pearson Education.

Lenawati, M. (2018). Analisis dan Desain Sistem Informasi. UNIPMA Press.

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), Article 1.

Mawarsari, D. (2008). Analisis Kepuasaan Pelanggan Terhadap Mutu Delivery Service. Universitas Djuanda.

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML (1st ed.). Andi Offset.

Nadia, E. M., & Pango, C. D. (2023). Kualitas Inovasi Layanan “Book Delivery Service” terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Ciputra Surabaya di Era New Normal. Jurnal Inovasi Dan Ilmu Perpustakaan, 1(1), 8–15.

Pamungkas, A. H. (2022). Inovasi Layanan Delivery Service pada Perpustakaan Sekolah di Era Pandemi Covid-19. Tibanndaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2).

Rainer, K., Prince, B., & Waston, H. (2013). Managemen Information System (2nd ed.). Wiley.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2014). Accounting Information Systems (2nd ed.). Pearson.

Septiara, D., Aiman, N., & Masruri, A. (2025). Inovasi Layanan JAMILA (Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku Andalan Ke Pemustaka) pada Perpustakaan Kota Yogyakarta. Librarium: Library and Information Science Journal, 2(1), 24–34.

Widarti, R. (2022). Inovasi Sistem Layanan Books Delivery di Perpustakaan FEB UGM. Media Informasi, 31(2), 157–167.

Widayati, E. F., & Pariyanti. (2020). Delivery Service Pustakawan di Era New Normal. Pustakaloka, 12(2), 152–170.

Wulansari, A., Priatna, Y., Albab, Moh. U., & Subhan, A. (2020). Inovasi Layanan Peprustakaan di Era Pandemi Covid-19 (Best Practice Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo). Jurnal Publis, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i1.24868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: