KOMUNIKASI DI PERPUSTAKAAN: UPAYA MEMBANGUN RELASI IDEAL ANTARA PUSTAKAWAN DAN PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Rohana Rohana, Hirma Susilawati, Nurul Fikriati Ayu Hapsari

Abstract


Dalam konteks perpustakaan, komunikasi adalah suatu keniscayaan yang tak terbantahkan, karena perpustakaan berhubungan dengan informasi yang akan digunakan pemustaka untuk kepentingan-kepentingan terkait perannya sebagai makhluk sosial. Informasi yang disampaikan maupun yang diterima membutuhkan komunikasi yang efektif agar setiap informasi yang dibutuhkan di perpustakaan dapat tersampaikan dan dapat diterima dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi pustakawan dan pemustaka di perpustakaan dan bagaimana pustakawan membangun relasi yang ideal dengan pemustaka di UMMat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan didukung oleh studi kepustakaan (library research). Untuk penelitian lapangan penulis menggunakan metode observasi dan wawancara (interview). Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi antara pustakawan dan pemustaka di UMMat berjalan dengan baik yang ditunjukkan dengan aktifnya pustakawan menjalin komunikasi yang sifatnya akademis melalui kegiatan seperti pelatihan-pelatihan, bimbingan pemakai, orientasi, dan pengembangan literasi. Komunikasi juga dilakukan melalui media online seperti FB, IG, WA, dan Youtube. Adapun cara membangun relasi yang ideal dengan pemustaka dilakukan dengan cara mengenali pemustaka baik nama, alamat, program studi, dan nomor WA. Latar belakang budaya, kondisi fisik, bagaimana memberikan stimulan juga menjadi bagian yang diperhatkan oleh pustakawan dalam membangun relasi ideal dengan pemustaka. 


Full Text:

PDF (210 – 230)

References


Arni, M. (2007). Komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Babbie, E. (1980). The Practice of Social Research. California: Belfast.

Bakker, A., & Zubair, A. C. (1997). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Daryono. (2018). Membangun Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Perpustakaan. Media Pustakawan, 25(2), 25-31.

Effendy, O. U. (1990). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Farhan, F., Dwiharta, N. R., & Jannah, F. (2023). Pola Komunikasi Pustakawan Kepada Pemustaka ‘Rohiqol Ilmi'. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(4), 273-286.

Gani, S. A. (2024). Membangun Komunikasi Efektif dalam Layanan Informasi Perpustakaan: Analisis Konseptual. LIBRIA, 16(2), 114-125.

Haryanto, H. (2009). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi melalui Pemanfaatan Social Media Networking sebagai Media Komunikasi antara Perpustakaan dan Pemustaka. Jurnal Pustsaka Ilmiah, 1(1).

Hayati, N. (2014). Komunikasi dalam organisasi perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(1), 49–59.

Kertatapati, T. (1986). Dasar-dasar Publistik dalam Perkembangannya di Indonesia menjadi Ilmu Komunikasi. Jakarta: Bina Aksara.

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi model Laswell dan Stimulus-Organism-Response dalam mewujudkan pembelajaran menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60–68. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65

Lasswell, H. D. (2007). The Structure and Function of Communication in Society. İletişim kuram ve araştırma dergisi, 24, 215-228.

Mantasa, K. (2022). Model Komunikasi Pustakawan yang Ideal. Journal Papyrus: Sosial, Humaniora, Perpustakaan dan Informasi, 1(2), 1-12.

Mulyana, D. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniaty. (2006). Proses Komunikasi di Perpustakaan. Retrieved from Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara: http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/22429

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghilmia Indonesia.

Rohana, R., & Furbani, W. (2019). Pengembangan koleksi di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 1(2), 54–64. https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1741

Saragih, H. (2021). Peran komunikasi pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan informasi melalui media sosial di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(4), 8–19.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. . Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2009). Perpustakaan sebagai jantung sekolah, referensi pengelolaan Perpustakaan. Bandung:: MQS Publishing.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v6i2.26910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432       

-------------------------------------------------------------------------

Licengcing:

This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.                                                                                                            

-------------------------------------------------------------------------

Indexing by: