PERAN DIGITALISASI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI SULAWESI SELATAN TERHADAP PENINGKATAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran digitalisasi perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi mahasiswa di Sulawesi Selatan. Objek penelitian mencakup tiga institusi, yaitu Perpustakaan Institut Teknologi dan Bisnis Kalla Makassar, American Corner Library, dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sinjai. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap pustakawan dan mahasiswa pengguna layanan perpustakaan digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi perpustakaan berperan penting dalam mempermudah akses informasi, meningkatkan keterampilan pencarian dan evaluasi sumber, serta mendorong kemandirian belajar mahasiswa. Setiap perpustakaan menunjukkan pendekatan digitalisasi yang berbeda, namun secara umum penggunaan e-library, katalog daring, serta platform referensi digital telah memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi informasi mahasiswa. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan pengguna, dan hambatan teknis masih ditemukan di beberapa lokasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa digitalisasi perpustakaan secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan literasi informasi mahasiswa, dan implikasinya mendorong perlunya kebijakan penguatan infrastruktur digital, peningkatan kompetensi pustakawan, serta penyediaan pelatihan literasi informasi bagi pengguna secara berkelanjutan.
References
American Library Association (ALA, 1989). Literasi Informasi.
Atmi, R. T., Gunarti, E., Mutia, F., & Prihatini, I. C. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 486-497.
Deha, D. (2024). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Lemondial Business School, 10(2).
Ilhami, I., Fadil, M. S. R., Ferina, R., & Assabilla, S. A. (2024). Analisis Tantangan dan Peluang yang dihadapi Perpustakaan di Era Digital. Blantika: Multidisciplinary Journal, 3(2).
Ismaya, I., Syahdan, S., & Galib, A. A. C. (2023). Peranan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial Guna Peningkatan Literasi Komunikasi Masyarakat di Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 5(1).
Jamridafrizal, J., Zulfitri, Z., & Wajdi, M. F. (2024). Perpustakaan Sebagai Institusi Perspektif Organisasi dan Regulasi.
Mailin, M., Rambe, G., Ar-Ridho, A., & Candra, C. (2022). Teori media/teori difusi inovasi. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(2), 168-168.
Mathar, T. (2024). Overview of the Library Automation System in South Sulawesi Libraries. Information Technology and Libraries, 43(1).
Oktavia, A. (2024). Transformasi Manajemen Perpustakaan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Al-Ma'arif: Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 4(2), 147-166.
Putrayasa, I. M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2024). Transformasi literasi di era digital: tantangan dan peluang untuk generasi muda. Education and Social Sciences Review, 5(2), 156-165.
Solihin, H. H., Kom, S., Kom, M., Hasan, F. N., Kom, S., Kharisma, I. L., ... & Abdullah, S. S. (2024). Konsep Sistem Informasi di Era Digital. Kaizen Media Publishing.
DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v7i2.33526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Ilmu Perpustakaan (JIPER)
Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi
Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram
Jln. K.H. Ahmad Dahlan No. 1 Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Email: [email protected]; e-ISSN: 2716-0432
-------------------------------------------------------------------------
Licengcing:
This licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
-------------------------------------------------------------------------
Indexing by: