KAJIAN HISTORIS PERKEMBANGAN ALAT UNTUK MENULIS BUKU DI DUNIA ISLAM

Rohana Rohana, Ardyawin Iwin, Iskandar Iskandar, Yanto Yanto

Abstract


Dalam konteks sejarah alat untuk menulis buku sangat berarti untuk didalami sebagai sebuah gerakan historis dalam memahami perkembangan dunia tulis menulis dan penyebaran ilmu pengetahuan dari masa ke masa. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada kajian hirtoris alat untuk menulis buku didunia Islam dengan tujuan untuk memahami sejarah dan perkembangan alat yang digunakan untuk aktivitas tulis menulis dan penyebaran tulisan di dunia Islam. Dalam konteks ilmu perpustakaan, informasi yang terekam dalam wujud buku, jurnal, ensiklopedi, dan lain sebagainya merupakan warisan sejarah yang bermula dari aktivitas tulis menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan historis. Sumber data diperoleh melalui kitab, buku, atau jurnal yang berkaitan dengan alat untuk menulis buku di dunia Islam. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Alat dan bahan untuk menulis adalah bukti atas semua gerakan tulis menulis yang menunjukkan peradaban pada masa Islam. Alat dan bahan untuk menulis terus berkembang dari pohon atau kayu, batu, dan lempengan kemudian Papyrus, kertas, hingga komputer (alat yang lebih praktis dan efisien seperti sekarang ini). Kedua, penemuan dan perkembangan media tulis, memunculkan pula tulisan dan penyebarannya di dunia Islam. Penyebaran tulisan di dunia Islam didasarkan pada nilai dan semangat umat Islam untuk menyebarkan agama sebagaimana yang termaktub dalam al-Qur’an dan sebagai bentuk implementasi dari perintah Iqra’ atau perintah membaca.

Full Text:

PDF (87-102)

References


Abul Hasan ‘Ali al-Hasani, an-. Nadwi,. Sirah Nabawiyah Sejarah Lengkap Nabi Muhammad Saw. (Yogyakarta: Mardhiyah Press, 2001).

Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, (Jakrta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993).

Philip K. Hitty, History of the Arabs: Rujukan Induk dan paling Otoritatif tentang Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2002).

Michael Wise, Martin Abegg Jr., dan Edward Cook, Naskah Laut mati, terj. F.X. Dono Sunardi, (Jakrta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2008).

J. Pedersen, Fajar Intelektualisme Islam: Buku dan sejarah Penyebaran Informasi di Dunia Arab, terj. Alwiyah Abdurrahman, (Bandung: Penerbit Mizan, 1996).

Q.S. Nuun (68): 1.

Q.S. al-‘Alaq (96): 1-5.

Q. S. al-Mujadalah: 11.

Q. S. al-Baqarah: 31-32.

Q. S. az-Zumar: 9.

Ribhi Musthafa ‘Ulyan, al-Maktabat fi al-Hadharah al-‘Arabiyyah al-Islamiyyah, (‘Amman: Dar Shafa’, 1420 H/1999 M).

Al-Shabuni, al-Thibyan fi ‘Ulum al-Qur’an, (Beirut: ‘Alam al-Kutub, 1995).

Masruri, Anis, dkk., Sejarah Perpustakaan Islam (Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006).

Nakosteen, Mehdi, Kontribusi Islam Atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam (Surabaya: Risalah Gusti, 2003).

Siti Maryam, 2006, Sekilas Tentang perkembangan Buku dalam Islam dalam jurnal Al-Maktabah, Volume 8, No 2, Oktober 2006.

Usiono, 2009, Industri Buku dalam Peradaban Islam Klasik dalam Jurnal Iqra’ Volume 03 No. 02 Oktober 2009.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v3i2.6293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: