UPAYA PENINGKATAN KINERJA PUSTAKAWAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Ridwan Ridwan, Lubis Lubis, Widiastuti Furbani, Amin Saleh

Abstract


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur memiliki SDM pustakawan hanya empat orang, dimana menurut Standar Nasional Perpustakaan satu orang pustakawan melayani 75 ribu orang dalam Perpustakaan Umum Daerah, sedangkan jumlah masyarakat yang ada di Kabupaten Lombok Timur 1.105.582 jiwa. Berarti pustakawan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur masih sangat terbatas. Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur dapat  meningkatkan kualitas layanan dilihat dari aspek akses informasi yang uptodate dan lengkap, pustakawan menerapkan prinsip 5S (affect of service), menerapkan personal control, sehingga dengan memenuhi aspek tersebut kepuasan  pemustaka dapat terwujud. Upaya pustakawan dalam meningkatkan kinerjanya seperti menempuh pendidikan dan pelatihan, banyak membaca referensi, memperoleh fasilitas sarana dan prasarana, melakukan  kerjasama, mendapatkan dukungan atau motivasi, melaksanakan program kerja dan SKP. Sedangkan dari sisi kendala pustakawan mendapatkan berbagai kendala seperti belum mendapat pembinaan secara maksimal, belum mendapat tunjangan kesejahteraan secara maksimal,  mengalami waktu yang tergesa-gesa pada saat kegiatan progran kerja berlangsung.


Full Text:

PDF (103-117)

References


Bara, A. K. B. (2009). Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan. Jurnal Iqra’ Volume 03 No.01 May, 2009, 03(01), 9–17.

Daryono. (2016). Otomatisasi Perpustakaan. Teknologi, 1–21.

Frank van Steenbergen, & Tuinhof, A. (2009). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(2), 14–19.

Kosasih, A. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Layanan Prima di Perpustakaan Oleh : Aa Kosasih, S. Sos. / Pustakawan Pertama. Ilmu Perpustakaan, 1–10.

Nathalia, V. (2019). MENARA Ilmu Vol. XIII No.5 April 2019. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmu, XIII(5), 124.

Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 167–175. https://doi.org/10.24256/kelola.v2i2.438

Prasastono, N., & Pradapa, S. Y. (2012). Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Program Studi D3 Perhotelan, Program Diploma Kepariwisataan Universitas Stikubank Semarang ABSTRACT, XI, 13–23.

Ridwan, R., & Wahyudi, I. T. (2020). PERAN PERPUSTAKAAN DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI BAGI MASYARAKAT UMUM DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 1(2).

https://doi.org/10.31764/jiper.v1i2.1742

Subrata, G. (2009). Upaya pengembangan kinerja pustakawan perguruan tinggi di era globalisasi informasi. Jurnal Pustakawan Perpustakaan UM, 1–12.




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v3i2.6322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: