ANALISIS PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA DIFABEL NETRA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA SELAMAMASA PANDEMI COVID-19

T Mulkan Safri, Ro'fah Ro'fah, Suci Fajarni

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji: 1) kebutuhan informasi mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; 2) karakteristik sumber informasi mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; 3) perilaku pencarian informasi mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; dan 4) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam memperoleh informasi selama Pandemi Covid-19. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan interpretatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, yakni mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, sebanyak 3 orang mahasiswa. Ketiga mahasiswa difabel netra tersebut tergolong dalam kategori kehilangan penglihatan dengan derajat lemah atau rendah (low vision). Artikel ini menyimpulkan bahwa terdapat tiga jenis kebutuhan informasi mahasiswa difabel netra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang terdiri dari: 1) jenis everyday need approach; 2) jenis current need approach; 3) jenis catching-up need approach. Selain itu terdapat 2 karakteristik sumber perolehan informasi mahasiswa difabel netra berdasarkan. Pertama, sumber informasi mandiri, dan kedua, sumber informasi bantuan, yakni sumber informasi yang didapatkan oleh mahasiswa difabel netra dengan cara meminta bantuan relawan atau mengakses layanan bantuan pendampingan dari relawan PLD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun perilaku pencarian informasi mahasiswa difabel netra yang dianalisis dengan menggunakan 8 tahapan model Ellis yang terdiri dari: 1) starting: 2) chaining; 3) browsing; 4) differentiating; 5) monitoring; 6) extracting; 7) verifying; dan 8) ending. Penulis juga berhasil menyimpulkan bahwa 1 dari 3 orang mahasiswa difabel netra UIN sunan Kalijaga Yogyakarta menggunakan seluruh tahapan dalam proses pencarian informasi dengan menggunakan model tersebut. Artikel ini juga mengidentifikasi 7 (tujuh) bentuk hambatan pencarian informasi yang dialami oleh mahasiswa difabel netra pada masa pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF (67 - 82)

References


BUKU

Suhartono, Irawan. (1998). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Yusuf, Pawit M., Priyo Subekti. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana.

Koentjaraningrat. (1990). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Andayani., dkk. (2012). Model Pembelajaran Kampus Inklusif. Yogyakarta: Samudera Biru.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Azis, Afruddin. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Efendi, Mohammad. (2005). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghony, M. Djuna & Fauzan Almanshur. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Lasa Hs. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Pendit, Putu Laxman. (2007). Perpustakaan Digital Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Sagung Seto.

Prastowo, Andi. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pujiastuti, Ana. (2011). Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Tunanetra di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Ro’fah, Andayani dan Muhrisun. (2010). Membangun Kampus Inklusif: Best Practices Pengorganisasian Unit Layanan Difabel. Yogyakarta: PSLD UIN Sunan Kalijaga.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Pawit, dan Priyo Subekti. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (Information Retrieval). Jakarta: Kencana.

ARTIKEL JURNAL

Ellis, David., Cox, D., & Hall. K. (1993). A Comparison of the Information Seeking Patterns of Researchers in the Physical and Social Sciences. Journal of Documentation, Vol 49(4).

Maftuhin, A., Aminah, S. (2020). Universitas Inklusif: Kisah Sukses atau Gagal. Jurnal Inklusi, 7(2).

WEBSITE

Saepuddin, Encang. (2009). Retrieved Januari 23, 2022, from website: https://encangsaepudin.wordpress.com/2009/01/10/prilaku-pencarian-dalam-memenuhi-kebutuhan-informasi-bagian-2/




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: