LITERASI KOMUNIKASI WARGANET GENERASI MILENIAL DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS WARGANET DI KOTA MATARAM)

Lubis Lubis, Ridwan Ridwan, Amin Saleh, Widiastuti Furbani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pentingnya literasi Komunikasi WargaNet terutama untuk Generasi Milenial yang sedang menggandrungi media sosial yang selama ini menyebabkan banyak terjadi prilaku yang anomali, para generasi milenial semakin lama kepedualian terhadap lingkungan sosial semakain memudar, banjirnya informasi yang tidak mendidikan menyebabkan generasi milenial kurang cerdas dalam memanfaatkan informasi di media sosial, bahkan generasi milenial kita saat ini terkadang tidak bertanggung jawab dalam mendownload serta menyebarkan infomasi lewat flatform media facebook dan WatShap.

Hasil dari penelitian ini bahwa perilaku warganet generasi milenial yang senang menggadrungi media sosial seperti Facebook dan watsahap menjadi keharusan untuk memiliki keterampilan komunikasi, untuk itu lierasi komunikasi sangat penting agar warganet generasi milenial lebih cerdas dan beratnggung jawab dalam memanfaatkan informasi serta menyebarkan informasi lewat media sosial seperti facebook, Watshap, twiter dll.


Full Text:

PDF (56 - 66)

References


Anna Mutmainah, “Tingkat Literasi Media Mahasiswa Komunikasi Surakarta Tentang Pemberitaan Kopi Beracun Sianida di TV One (Studi Kasus Mahasiswa Komunikasi UNS, UMS, dan IAIN Surakarta)”, tahun 2017.

Apriadi Tamburaka, 2013 Literasi Media: Cerdas Bermedi Khalayak Media Massa, Rajawali Pers, Jakarta.

Apriadi Tamburaka, 2012, Agenda Setting Media Massa, (Jakarta: Rajawali Pers) Arikanto Suharsimi, 2002 Prosedur Penelitia Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Elvinaro Ardianto, Lukiati Komala, Siti Karinah, 2007,

Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Simbiosa Rekatama Media Hermawan Herry, 2017, Literasi Media dan Kesadaran dan Analisis, Calpulis, Yogyakarta Hoax dan Pentingnya Literasi Media”, http://m.riaupos.co/3237-special-.html, 5 Maret 2017 https:/id.m.wikipedia.org/wiki/Konservatisme#cite_ref-2.

Iriantara Yosal, 2009, Literasi Media, Apa, Mengapa, Bagaimana, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Prasetya Irawan, 2004, Logika dan Prosedur Penelitian, Pengantar Teori dan Panduan Praktis Penelitian Sosial Bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula, STIA – LAN Press, Jakarta.

Rachmat Kriyantono, 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta _________________, 2010, Teknik Praktis Riset Komunikasi , Kencana, Jakarta.

Rahardjo, T., M. A. Birowo, R. Darmastuti, D. K. Sari, M. N. Husein, Sunarto, S. Hastjarjo, T. Febriyanto, Herfriady, F. Junaedi, and S. B. HH. Literasi Media dan Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi. Buku Litera:xvii-24.

Sugeng Winarno, “Pemahaman Media Literacy Televisi Berbasis Personal Competences Framework” pada tahun 2014, hal. 67 Siregar Syofian, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Kencana Pren




DOI: https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexing: