EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA LEMBAH SARI KECAMTAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAP)

Lalu Ramdan Hadi, Maulidiyan Firdaus, Widya Adi Prasetyo, Muhammad Ariy Dermawan, Rahmad Hidayat

Sari


 

                    Abstak :Saat ini sampah pada umumnya, termasuk plastik telah menjadi salah satu masalah pencemaran lingkungan terbesar dan merupakan masalah pencemaran yang paling mendesak di Nusa Tenggara Barat. Masalah sampah sudah dirasakan sampai tingkat desa. Oleh karena itu, tim kami perlu memberikan edukasi terkait masalah tersebut ketika melakukan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kegiatan pengabdian ini  diawali dengan melakukan survei lapangan di desa Lembah Sari. Setelah itu dilakukan kegiatan inti, yaitu edukasi dan sosialisasi strategi pengelolaan sampah dan pemanfaatan sampah plastik secara kreatif. Dalam penanganan sampah ini, kami memberikan edukasi dan pelatihan terkait berinovasi membuat ecobric dari sampah yang dihasilkan masyarakat. Ecobric juga dapat digunakan sebagai pengganti batu bata, sebagai pot bunga, meja, kursi dan lain sebagainya. Respon Masyarakat terkait hal ini, yaitu mereka menjadi tahu cara mengelola sampah di masing-masing rumah tangga.

 

KESIMPULAN

Dari pembahsan diatas terdapat beberapa kesimpulan :

  1. Pendekatan menggunakan sosialisasi dan inovasi
  2. Strategi teknologi tepat guna (TTG) yang di rancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. TTG program yang dibuat disesuaikan dengan permasalahan yang ada di desa lembah sari. Permasalahan yang di temukan di desa setempat,salah satunya yaitu sampah.Dalam penanganan sampah ini berinovasi membuat ecobric. Ecobric bisa juga digunakan sebagai pengganti batu bata, sebagai pot bunga, meja, korsi dan lain sebagainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kata Kunci


Administrasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaluddin, M., & Hidayat, R. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Kegiatan Peningkatan Produktivitas Manusia Sebagai Tantangan Pemerintah Daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik.

Selva, S., Tri Yunarni, B. R., & Hidayat, R. (2016). PENGARUH DIMENSI-DIMENSI NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, KEPUASAN, KETERLIBATAN, DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v2i2.125

Salmin, Palahuddin, Rahmad Hidayat, Amil, M. (2022). Penguatan Sistem Administrasi Skala Prioritas Pemerintah Desa. Jces.

Mustamin, M., Hidayat, R., & Alfian, Y. (2020). Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemulihan Pembangunan Fisik Pasca Gempa (Studi Di Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik). https://doi.org/10.31764/jiap.v8i2.2794

Kahfi, A. (2017). TINJAUAN TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH. Jurisprudentie : Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah Dan Hukum. https://doi.org/10.24252/jurisprudentie.v4i1.3661

https://lestari.ntbprov.go.id/ searching-11.09.2023

Hidayat, R., & Suryono, A. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN DANA BOS DAN LAPORAN KEUANGAN BOS. REFORMASI.

Ayumi, I. de E., Lutfi, M., & Nugroho, W. A. (2017). Efektifitas Tipe Pengomposan-Ayumi dkk Efektivitas Tipe Pengomposan (Konvensional, Aerasi, dan Rak Segitiga) terhadap sifat fisik dan kimia kompos dari sludge biogas dan Serbuk Gergaji. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis Dan Biosistem.

Aulia, A., Kasmiati, K., & Salsabilla, S. (2021). MEMBANGUN JIWA PEDULI, KRITIS, DAN KREATIF GERNERASI MUDA TERHADAP PENCARIAN MASALAH SOSIAL YANG TERJADI DI TENGAH MASYARAKAT. Jurnal Inovasi Penelitian.




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v3i2.20703

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: