MENGEDUKASI AKAN PENTINGNYA LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT DENGAN MENGAPLIKASIKAN PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS PEMILAHAN SAMPAH DI MASYARAKAT DESA TENIGA

Ameryya Tri Budiarni, Dedi Yusuf, Ainun Alfina Fitria, Siti Humaya, Nurul Fidaris, Hijril Ismail, Siti Atika Rahmi, Syafril syafril

Sari


Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab setiap warga masyarakat. Lingkungan yang sehat mencerminkan kualitas hidup masyarakat dan menjamin terjaganya kesehatan setiap individu. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Salah satu masalah yang perlu diperhatikan di daerah ini adalah pencemaran lingkungan, yaitu sampah organik dan anorganik berupa limbah rumah tangga yang dapat merusak kebersihan lingkungan. Adapun tujuan pengabdian ini bertujuan untuk  meningkatkan  kepedulian  masyarakat Desa teniga terhadap pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan pelaksanaan sosialisasi perihal pemilahan sampah yang tepat. Aksi lapangan diataranya dengan kegiatan pembagian plastik sampah sebagai wadah sementara yang di bagikam di rumah rumah masyarakat Desa Teniga, memonitoring tiga kali dalam satu minggu guna mengetahui masyarat telah tepat dalam pemilahan sampah. Pemilahan sampah organik dan Anorganik memanfaatkan sampah menjadi bahan kreasi atau kerajinan tangan untuk sampah anorganik dan Pembuatan gumelang  untuk proses pembuatan kompos bagi sampah organik. Mengajak masyarakat gotong royong bersama membersihkan lingkungan di sekitar desa teniga. Kegiatan pengabdian dapat terlaksana dengan baik atas dukungan antusias dan kontribusi dari masyarakat di Desa Teniga.

 

Kata kunci: Kesadaran, Masyarakat, Bersih


Kata Kunci


Edukasi, Lingkungan Bersih, Pengelolaan Sampah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

(1) Andayani, N., Mulatsari, E., Moordiani, Khairani, S., & Swandiny, G. (2022). Edukasi dan Aplikasi Pengelolaan Sampah Berbasis Pemilahan Sampah di Lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23-35.

(2)Ariandani, N., Ermanda, S., & Fatmawati, B. (2022). Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Dengan Memanfaatkan Limbah Rumah Tanga di Lingkungan Bagik Longgek, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 137-143.

(3)Azmin, N., Nasir, M., & Nurbaya, S. (2022). Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos dari Sampah Organik di Kabupaten Dompu. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

(4)Jumarsa, Rizal, M., & Jailani. (2022). Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan di Gampong Cot Siren Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Biology Education.

(5)Hardiana, D. (2021). Perilaku Masyarakat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Kecamatan

(6)Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Brat. Jurnal Buana, 2(2), 495. https://doi.org/10.24036/student.v2i2.98

(7)Nindya, S., Cantrika, D., Murti, Y. A., Widana, E. S., & Kurniawan, I. A. (2022). Edukasi Pengolahan Sampah Organik dan Anorganik di Desa Rejasa Tabanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 352-357.

(8)Nugroho, A. S., Kaswinarni, F., & Prasetiyo, P. (2012). Pengelolaan Kebersihan Dan Kesehatan Lingkungan Masyarakat Kalicari Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. E-Dimas, 3(2), 21. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v3i2.1547

(9)Pratiwi, I. P. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan dalam Menjaga Lingkungan di Desa Kampung Madura Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singigi Implementation of Greening Activities in Protecting the Environment in Kampung Madura Village, Kuantan Hilir District , Kua. 1(2), 57–61.

(10)Putra, B. H., Alfandi, D., Rabani, M. D., & Sumarni, L. (2021). Edukasi Dalam Upaya Meningkatkan Kepedulian. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2.

(11)Suprapti, F., Sutantyo, E., Setyoningrum, A. A., Sirait, E., & Purwanto. (2023). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Pengelolaan dan Pemilahan Sampah di Kelurahan Karangjati Kecamatan Bargas Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 78-82.




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v3i2.20849

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: