PEMBERDAYAAN PEDAGANG DUREN MELALUI STRATEGI PROMOSI INOVATIF PADA DESA KEKAIT LOMBOK BARAT

Ibrahim Ibrahim, Agus Kurniawan, Mas'ad Mas'ad, Mintasrihardi Mintasrihardi, Abdul Wahab, Siti Hasanah, Vera Mendalina, Syaharuddin Syaharuddin, Agus Herianto, Mahsup Mahsup, Sintayana Muhardini, Mardiyah Hayati, Febrita Susanti, Muslimin Muslimin, Ilham Ilham, Muhammad Khalis Ilmi, Asma Azizah, Burhanuddin Burhanuddin, Muhammad Saleh, M. Sobry, Akhmad Syafruddin, Muhammad Salahuddin, Syaifuddin Iskandar, Syarifuddin Syarifuddin

Sari


Masih rendah ketrampilan pedagang dalam mempromosikan hasil bumi duren. Tujuan dilakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya pemberdayaan pedagang duren melalui strategi inovatif pada desa kekait Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah sosialisasi  pada pedagang.  Hasil Pengabdian kepada masyarakat ini diketahui bahwa antusias dari pedagang dalam memperkenalkan media social sebagai media promosi dagangan kepada umum. Keberadaan program ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil penjualan duren dari waktu ke waktu. Kedepan diperlukan event skala nasional dan internasional dengan membuat duren sebagai icon kekait sebagai hasil bumi di tanah Lombok khususnya Desa Kekait Gunung Sari. 

Kata Kunci


Pemberdayaan; Pedagang Duren; Promosi; Strategi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. Nurhayati, M. I. Fasa, R. Panjaitan, D. Indriyani, and R. M. Fadlyansyah, “Digital Marketing Literacy for Marginalized Society To Improve Society’S Economic Empowerment,” Pros. ICoISSE, vol. 1, no. 1, pp. 505–516, 2020.

S. Sundari and H. D. Lestari, “PEMASARAN DIGITAL DALAM KEWIRAUSAHAAN,” WIKUACITYA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 94–99, 2022, doi: 10.56681/wikuacitya.v1i1.23.

T. Rohmawati, E. Selvia, E. Monica, R. Welizaro, and H. Saputra, “Teknologi pemasaran digital untuk branding,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 5, no. 3, p. 638, 2021, doi: 10.52362/jisamar.v5i3.479.

G. Octavia and W. P. Sari, “Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting,” Prologia, vol. 2, no. 2, p. 339, 2019, doi: 10.24912/pr.v2i2.3598.

H. F. Mavilinda, A. Nazaruddin, N. Nofiawaty, and L. D. Siregar, “Menjadi ‘UMKM Unggul’ Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal,” Sricommerce J. Sriwij. Community Serv., vol. 2, no. 1, pp. 17–28, 2021, doi: 10.29259/jscs.v2i1.29.

S. S. Alitriyanti, I. R. Prodi, M. Komunikasi, and I. Komunikasi, “Pemanfaatan Konten Komunikasi Pemasaran Digital Melalui Konten Interaksi,” Bandung Conf. Ser. Commun. Manag. , vol. 2, no. 2, pp. 782–786, 2022.

S. Priambada, “Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM),” SESINDO 2015, vol. 2015, 2015.

A. D. Riyanto and M. F. Noeris, “Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Online untuk Pelaku UMKM di Cilacap,” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 53–57, 2018.

K. Srirejeki, “Aplikasi Media Sosial untuk Pemberdayaan USAha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Ekonomi Digital,” Masy. Telemat. Dan Inf., vol. 7, no. 1, p. 233770, 2016.

S. Sudirwo, A. Nurriqli, and M. Risanta, “Pemanfaatan Instagram bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru,” J. Ris. Inspirasi Manaj. Dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 1, pp. 50–57, 2021.

P. PIRMANSYAH, “EFEKTIVITAS PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL (FACEBOOK) SEBAGAI MEDIA BISNIS ONLINE DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Kasus Pada Toko Furniture Di Kabupaten Pesisir Barat).” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.

G. Farell, T. Thamrin, and I. Novid, “Pelatihan pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan pemasaran dan kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto,” Suluah Bendang J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 19, no. 1, pp. 42–47, 2019.

I. Suryani, “Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk dan potensi Indonesia dalam upaya mendukung ASEAN community 2015.(Studi Social media marketing pada twitter kemenparekraf ri dan facebook disparbud provinsi jawa barat),” J. Komun., vol. 8, no. 2, pp. 123–138, 2014.

F. F. Nurussofiah, U. Karimah, S. Khodijah, and U. Hidayah, “Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi,” Dev. J. Community Engagem., vol. 1, no. 2, pp. 127–143, 2022.




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v3i2.20952

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: