SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN MENGGUNAKAN MASKER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TAMAN KOTA DOMPU

Muhammad Rahmatul Burhan, Mardiah Mardiah, Muhammad Taufik Rachman

Sari


Periode bulan September 2020, Kabupaten Dompu merupakan lokasi penyebaran Covid-19 terbanyak di NTB. Hal itu disebabkan oleh masyrakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan juga masih sangat rendah. Di Taman Kota Dompu yang merupakan pusat berkumpulnya masyarakat, kebersihannya mengkhawatirkan, banyak sampah plastik dan bekas makanan atau minuman berserakan. Pengunjung bahkan penjual tidak menggunakan masker. Oleh karena itu kami turun ke lapangan untuk memberikan sosialisasi pentingnya menggunakan masker kepada pengunjung dan penjual di sana sekaligus membagikan masker kepada mereka. Setelah itu kami melakukan pembersihan Taman Kota Dompu dari sampah yang berserakan. Kegiatan kami didukung oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu dengan menambah tempat sampah di lokasi, karena tempat sampah yang ada masih kurang dan tidak terlihat oleh pengunjung. Hasilnya, pengunjung dan penjual sangat kooperatif mendukung kegiatan kami. Pengunjung bersedia untuk tetap menggunakan masker dan membuang sampah pada tempatnya. Begitu juga dengan para penjual sangat kooperatif menerima sosialisasi dari kami dan bersedia menggunakan masker yang kami berikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Awaluddin, M., & Hidayat, R. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Kegiatan Peningkatan Produktivitas Manusia Sebagai Tantangan Pemerintah Daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik.

Hidayati, D. A. (2020). Pendidikan Lingkungan di Pondok Pesantren pada Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020.

Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas.

Pratiwi, A. D. (2020). Gambaran Penggunaan Masker di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat di Kabupaten Muna. Prosiding Seminar Nasional Problematika Sosial Pandemi Covid-19.

Sari, D. P., & ‘Atiqoh, N. S. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Masyarakat Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid-19 Di Ngronggah. Infokes, Vol 10 No 1.

Selva, S., Tri Yunarni, B. R., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Dimensi-Dimensi Nilai Yang Dipersepsikan, Kepuasan, Keterlibatan, Dan Kepercayaan Merek Pada Loyalitas Merek. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v2i2.125




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v1i1.4662

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: