PENDAMPINGAN PEMBENTUKAN USAHA PERJALANAN WISATA SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA LOMBOK

M. Rahmatul Burhan

Sari


Sejak pandemi Covid-19, pariwisata di Lombok mengalami macet total. Usaha-usaha di bidang pariwisata beberapa sampai bangkrut. Hal tersebut berimbas pada pemutusan hubungan kerja para karyawan. Namun angin segar menghampiri pariwisata Lombok semenjak diumumkannya penyelenggaraan World Superbike yang akan dilaksanakan oleh Pertamina Mandalika International Circuit. Hal ini menjadi inspirasi dari beberapa pemuda lokal untuk membentuk usaha perjalanan wisata Tour & Travel sebagai pendukung pariwisata Lombok. Beberapa identifikasi masalah ditemukan dalam pendirian usaha ini, belum mengerti bagaimana mendirikan usaha perjalanan wisata, belum mengerti pentingnya pembuatan akta ijin usaha, belum mengerti manajemen pemasaran usaha perjalanan wisata. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pembekalan tatap muka langsung dan online, pendampingan intensif sampai usaha memiliki akta ijin yang resmi. Hasil kegiatan ini, melahirkan satu usaha perjalanan wisata bernama Lombok Bay Tour & Travel. Pendampingan intensif sampai usaha ini berhasil mendapatkan konsumen pertama. Diharapkan usaha ini mampu membawa citra positif tentang pariwisata Lombok, sehingga pariwisata Lombok kembali bangkit dan juga meningkatkan omset usaha pariwisata seperti sedia kala.

Kata Kunci


pariwisata, usaha perjalanan wisata, lombok, pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lee, O. V., & Gunawan, J. A. (2019, December). Mempermudah Wisatawan dalam Mengetahui Destinasi Wisata di Kabupaten Sumenep Melalui Tourism Map. In Seminar Nasional Budaya Madura V: Membangun Pariwisata Madura berbasis Budaya Lokal.

Rachman, A. F., Gantina, D., & Osman, I. E. (2020). INOVASI SISTEMIK DESTINASI WISATA URBAN JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19.

Risqianto, D. A., Suroso, I., & Iskandar, R. (2018). Analisis Swot Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rameyza Tour & Travel Bondowoso. RELASI: JURNAL EKONOMI, 14(2), 96-118.

Sari, R. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Pariwisata (Meneropong usaha penginapan masyarakat Lokal dan Manca Negara di Desa Mon Ikeun Lhoknga). Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 22(2).

Suprina, R., & Pasaribu, A. R. (2020). Penguatan Organisasi Pokdarwis di Desa Muntei, Desa Madobag dan Desa Matotonan di Pulau Siberut, Kabupaten Mentawai. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(2), 104.




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v1i2.6903

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: