PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA MELALUI BUMDES (BADAN USAHA MILIK DESA) DI DESA MASBAGIK UTARA BARU KECAMATAN MASBAGIK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

M. Ulfatul Akbar Jafar, M. Taufik Rachman

Sari


Partisipasi masyarakat sering diperbincangkan diberbagai wilayah, baik didaerah kota maupun perdesaan karena dapat kita lihat begitu besar pengaruh dari partisipasi tersebut, partisipasi masyarakat ini sangat menentukan suatu perencanan atau program-program yang ada disekitar mereka, keberhasilan suatu program tanpa adanya partisipasi masyarakat tidak akan berjalan dengan baik, berikut keikutsertaan masyarakat akan sangat dibutuhkan dalam perencanaan atau program, agar program berjalan dengan mestinya. Penjelasan pada pasal 78 UU NO. 6 Tahun 2014 dijelaskan bahwa pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar pembangunan saran dan prasana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Dijelaskan pada bagian ketiga bahwa dalam pembangunan desa harus mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotong-royongan guna mewujudkan perdamaian dan keadilan sosial. Pembangunan merupakan suatu proses pertumbuhan ekonomi yang diikuti dengan perubahan (growth plus change) dalam perubahan struktur ekonomi, dari pertanian ke industri atau jasa, perubahan kelembagaan, baik lewat regulasi maupun reformasi kelembagaan. Pembangunan secara berencana lebih dirasakan sebagai suatu usaha yang lebih rasional dan teratur bagi pembangunan masyarakat yang belum atau baru berkembang.

Kata Kunci


Partisipasi Masyarakat, Pembangunan desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Isbandi Rukminto. Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat dan Interverensi Komunitas. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 2003.

___________, Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: Dari Pemikiran Menuju Penerepan. Jakarta: FISIP Universitas Indonesia Press. 2007.

Adisasmita Rahardjo. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Cetakan Pertama. 2016.

Mansyur M. Cholil. Sosiologi Masyarakat Kota dan Desa. Surabaya: Usaha Nasional. 2004.

Mikkelesen Britha. Metode Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan: Sebuah Buku

Pegangan Bagi Para Praktisi Lapangan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 1999.

Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. 2003.

Moleong Lexi J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 1989.

Ndraha Talizihudu. Dimensi-dimensi Pemerintahan Desa. Jakarta: PT. Bina Aksara. 1981.

Rochajar dan Ardiantoro. Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo. 2011.

Slamet Y. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi, (Surakarta: Sebelas Maret University Press. 1994.

Soehartono Irawan. Metode Penelitian Sosial Suatu Tekhnik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 1995.




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v1i2.7016

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: