PELATIHAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN RUMAH MENJADI KAWASAN PANGAN UNTUK MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DI DESA KEKAIT KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

mardiah mardiah

Sari


Desa Kekait merupakan salah satu desa di Kec. Gunungsari Kab. Lombok Barat yang memiliki letak geografis dataran tinggi dan subur. Banyak lahan di Kabupaten Lombok Barat yang dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan, baik lahan yang luas/sawah maupun lahan terbatas/pekarangan rumah. Konsep pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengembangan pangan rumah tangga yang merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan dan meningkatkan penghasilan rumah tangga. Oleh karena itu, konsep ini mulai diterapkan di berbagai kota di Indonesia. Sadar bahwa peran perguruan tinggi adalah memberikan pencerahan kepada masyarakat akan hal positif, sehingga pengabdian ini akan ditujukan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan dan mempunyai lahan belum termanfaatkan secara optimal sebagai kawasan pangan lestari.

Untuk menunjang keberhasilan program ini, diperlukan langkah-langkah kegiatan yaitu sosialisasi tentang konsep kawasan pangan lestari dengan memberikan pelatihan cara menanam komoditas penunjang konsep kawasan pangan lestari seperti bagaimana menyemai, menanam, merawat dan memanen tanaman kebutuhan rumah tangga. Produk-produk yang dipilih yaitu tanaman aneka lombok, aneka terong, aneka sayur dikarenakan antusiame dari kelompok PKK di Desa Dermo Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Kegiatan sosialisasi ini dapat menggugah kesadaran masyarakat agar lebih peduli dengan lahan pekarangan rumahnya.

Kata Kunci


Pekarangan Rumah, Kesejahteraan Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Adhi, S. 2016. Budidaya Padi Gogo. Penyuluh dan Komunikasi Pertanian UGM. UGM. Yogyakarta.

Awaluddin, M., & Hidayat, R. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Kegiatan Peningkatan Produktivitas Manusia Sebagai Tantangan Pemerintah Daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik.

Hidayat, R., & Suryono, A. (2014). Implementasi Kebijakan Penggunaan Dana Bos Dan Laporan Keuangan Bos. REFORMASI

Suharti S. 2012. Pemanfaatan Pekarangan. Kementrian Pertanian Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta

Zitri, I., Rosiastawa, A., & Hadi, A. (2023). Mencapai Target Sustainable Development Golas’s (SDG’s) di Desa Sermong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2021. Journal of Social and Policy Issues, 41-45.

Widayat, R. M., Nurmandi, A., Rosilawati, Y., Qodir, Z., Usman, S., & Baharuddin, T. (2022). 2019 Election Campaign Model in Indonesia Using Social Media. Webology, 19(1), 5216-5235.

Zitri, I. (2022). Collective Action Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Percepatan Pariwisata Desa Labuan Kertasari untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 4(1), 85-102.

Widayat, R. M., Nurmandi, A., Rosilawati, Y., Nashir, H., Jubba, H., & Baharuddin, T. (2022, July). Differences in Campaign Strategy Between “Indonesian Work” and “Indonesia Adil Makmur” Via Twitter in The 2019 Election. In 3rd International Media Conference 2021 (IMC 2021) (pp. 82-90). Atlantis Press.

Selva, S., Tri Yunarni, B. R., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Dimensi-Dimensi Nilai Yang Dipersepsikan, Kepuasan, Keterlibatan, Dan Kepercayaan Merek Pada Loyalitas Merek. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v2i2.125

Sunarti E. 2016. Indikator Keluarga Sejahtera: Sejarah Pengembangan, Evaluasi, dan Keberlanjutannya. IPB. Bogor.

Wijaya dan Trias. 2015. Manfaat Dan Fungsi Lahan Pekarangan Masyarakat. Rineka Cipta. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v2i1.8898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: