PELATIHAN SISTEM INFORMASI POTENSI WISATA PADA DESA BENGKAUNG KEC. GUNUNGSARI KAB. LOMBOK BARAT

Yulia Isnaini

Sari


Desa Bengkaung adalah salah satu desa di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat yang memiliki letak geografis berupa dataran tinggi dan perbukitan yang saat ini mulai dikembangkan menjadi daerah wisata alam maupun wisata kuliner. Namun demikian, jika dinilai dari segi pemanfaatan teknologi informasi, maka potensi ini masih perlu dikelola lebih baik lagi dengan cara memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan publikasi ataupun promosi pariwisata yang ada. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan pemerintah dalam mengelola dan mempromosikan potensi Desa Bengkaung terutama dalam sektor pariwisata. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memudahkan aparat desa dalam mengelola administrasi kependudukan melalui implementasi sistem informasi desa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan bagi aparat desa maupun masyarakat. Kegiatan pengabdian berlangsung dengan sukses dan mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari pemerintah desa dan masyarakat.

Kata Kunci


Pembangunan Desa, Potensi Desa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DP2M Dikti. 2013. Panduan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. Jakarta: DIKTI.

Jonathan, W., & Lestari, S. (2015). Sistem informasi UKM berbasis website pada desa Sumber Jaya. Jurnal Teknologi Informasi dan Bisnis Pengabdian Masyarakat Darmajaya, 1(1), 1-16.

Muharam, M., & Persada, A. G. (2020). Implementasi Penggunaan Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Guna Meningkatkan Jangkauan Pasar (Studi Kasus: Desa Sumberejo). AUTOMATA, 1(2).

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 111 tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan Desa.




DOI: https://doi.org/10.31764/jp-publik.v2i1.8907

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CALL FOR PAPER 2024

 

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Masyarakat bidang Administrasi Publik di (JP-P) Jurnal Pengabdian Publik pada:

Volume 4, No. 1, April 2024. 

Volume 4, No, 2, Desember 2024.


Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.



    



Terimakasih 
Hormat Kami 




Editor In chief


This publication is indexed by: