Penentuan Litologi dan Analisis Jenis Longsoran Berdasarkan Seismik Refraksi Tomografi serta Metode Geolistrik 2-Dimensi di Jalan Raya Suban Bandar Lampung

Nico Bram Prima Simanjuntak, Bagus Tri Cahyo

Abstract


Longsor merupakan salah satu bencana alam yang terjadi karena faktor morfologi, litologi, struktur geologi, hidrogeologi dan penggunaan lahan. Longsor disebabkan adanya bidang yang menjadi dasar dari material yang ada diatasnya bergelincir. Untuk menentukan lapisan yang bertindak sebagai bidang tersebut diperlukan sebuah metode untuk menentukan litologi batuan yang ada di bawah permukaan. Metode yang digunakan yaitu metode seismik refraksi tomografi dan geolistrik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berupa penampang seismik tomografi dan geolistrik untuk mengetahui litologi bawah permukaan. Litologi yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada lapisan pertama berupa batuan lapuk yang berasosiasi dengan tuff pasiran dengan nilai resistivitas 1 Ωm - 100 Ωm dan nilai kecepatan (Vp) 200 - 800 m/s. Lapisan kedua diduga tuff pasiran dan lempungan dengan resistivitas 100 Ωm - 200 Ωm dan nilai kecepatan (Vp) 800 - 1800 m/s. Lapisan ketiga diduga perpaduan breksi dan batuan beku dengan nilai resistivitas lebih dari 200 Ωm dan nilai kecepatan (Vp) lebih besar dari 1800 m/s. Jenis longsoran yang terjadi merupakan longsoran tanah butir (slide) tipe translasi dengan bentuk bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai dengan kedalaman yang relatif dangkal, yaitu 5 meter hingga 18 meter dengan arah longsoran kearah Barat Daya menuju Jalan Raya Suban.

Keywords


morphology, resistivity, tomography, translation.

Full Text:

PDF

References


Burger, H.R, 1992. Introduction to applied geophysics: Exploring the shallow subsurface, p. 660.

Gardner J.N. & House, L, 1987. Seismic hazards investigations at Los Alamos National Laboratory, 1984–1985. Los Alamos Nat'l Lab.

Mangga dkk, 1993. Peta Geologi Lembar Tanjungkarang, Sumatera, in. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.

Mulyasari, R dkk, 2020. Aplikasi Metode Geolistrik Resistivitas Untuk Analisis Bidang Gelincir Dan Studi Karakteristik Longsoran Di Jalan Raya Suban Bandar Lampung, JGE (Jurnal Geofisika Eksplorasi), 6(1), pp. 66–76. Available at: https://doi.org/10.23960/jge.v6i1.61.

Nandi, 2007. Jenis - Jenis Longsor, Universitas Pendidikan Indonesia, p. 45.

Prosiding, A., Dani, I. and Sinambela, R.Z, 2020. Prosiding SINTA 3 (2020) 100 Seminar Nasional Ilmu Teknik dan Aplikasi Industri (SINTA) Rekonstruksi penampang zona rawan longsor di daerah Pidada, Bandar Lampung, menggunakan metode tomografi seismik refraksi.

PVMBG, 2019. Potensi Gerakan Tanah di Lampung. Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Geologi http://www.vsi.esdm.go.id/, (diakses tanggal 13 Oktober 2022).

Sutasoma dkk, 2017. Penyelidikan Zona Longsor dengan Metode Resistivitas dan Analisis Stabilitas Lereng untuk Mitigasi Bencana Tanah Longsor (Studi Kasus di Dusun Jawar, Desa Sri Mulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur), Indonesian Journal of Applied Physics, 7(1), p. 36.

Telford dkk, 1990. Applied Geophysics. Second Edi. New York: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpl.v3i2.12445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PERTAMBANGAN DAN LINGKUNGAN

Creative Commons License

Jurnal Pertambangan dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.