Praktik Citizenship Dalam Melanggengkan Pelayanan Kesehatan Melalui Posyandu Sebagai Potret Dari New Public Service Studi Kasus Pada Posyandu Tanjung Kota Madiun Dan Posyandu Delima Kota Malang

Tia Subekti, Irza Khurunin, Intan Rahmawati

Abstract


Kurang optimalnya pemerintah dalam menyediakan pelayanan kesehatan mengakibatkan masih banyaknya masalah kesehatan di Indonesia. Masalah kesehatan ibu dan anak menempati urutan pertama daftar masalah kesehatan yang belum terlaksana dengan baik (kemenkes, 2019). Stunting, gizi buruk, Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi adalah beberapa masalah kesehatan ibu dan anak yang serius. Menyikapi masalah tersebut, pemerintah membentuk Posyandu sebagai unit layanan kesehatan berbasis masyarakat yang diberikan di level RW (Rukun Warga). Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana masyarakat sebagai bagian dari negara (citizensip) turut mengambil peran dalam pelayanan kesehatan posyandu. Tulisan ini menggunakan kerangka teoritik pelayanan public berbasis New Public Service (NPS). Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitiani ini adalah :  Pertama, posyandu mampu menjadi cerminan dan rujukan bagi pelayanan dengan prinsip NPS. Kedua, prinsip NPS terlihat pada praktik citizenship melalui partisipasi aktif warga yang dijalankan sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan dan mempertahankan kepentingan public (public interest). Ketiga, posyandu telah menerapkan pelayanan berbasis NPS dengan memperhatikan nilai-nilai sosial (social value) seperti keadilan, pemerataan, dan tolerasi. 


Keywords


health services, citizenship, New Public Service, Public Interest

Full Text:

PDF

References


Akbar, Rahmat . 2019. Partisipasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Kepastian Pelayanan Publik Di Desa Melalui Standar Pelayanan. JPALG Vol. 3 (1) (2019): hlm 37-51

Barenshochot, Ward & Gerry Van Klinken. 2019. Citizenship In Indonesia” Perjuangan atas hak, identitas, dan partisipasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor

Denhardt, B. Roberts, Janet Vinzant Denhardts. 2000. The New Public Services: Serving Rather Than Steering. Public Administration Review. November/December 2000. Vol 60 Nomor 6

IJPA-The Indonesian Journal of Public Administration Volume 1 | Nomor 2 | Juli - Desember 2015 hlm 103-118

Mahsyar, Abdul. 2011.MASALAH PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ADMINISTRASI PUBLIK. Vol. I, No. 2, Oktober 2011 Jurnal O toritas hlm 81-90

Sudarmo. 2011. Isu-Isu Administratsi Publik Dalam Perspektif Governance. Solo: Smart Media

https://money.kompas.com/read/2019/08/19/171503026/6-kendala-ini-membuat-pelayanan-kesehatan-di-indonesia-tak-maksimal?page=all

https://nasional.kompas.com/read/2019/11/06/12230701/distribusi-fasilitas-tak-merata-akar-masalah-dokter-spesialis-di-daerah?page=all

https://kbr.id/nasional/03-2019/dokter__bidan_dan_perawat_membeludak__tapi_sebarannya_tidak_merata/98942.html

http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200218/1033051/5-fokus-masalah-kesehatan-tahun-2020/

https://www.pinterpolitik.com/bpjs-populer-dan-gagal/

https://www.cermati.com/artikel/3-kekurangan-bpjs-kesehatan-dan-3-cara-siasatinya

https://www.bkkbn.go.id/detailpost/laju-pertumbuhan-penduduk-4-juta-per-tahun#:~:text=Kepala%20Badan%20Kependudukan%20dan%20Keluarga,itu%20sama%20dengan%20negara%20Singapura.




DOI: https://doi.org/10.31764/jgop.v4i1.8235

Copyright (c) 2022 Tia Subekti, Irza Khurunin, Intan Rahmawati

This publication is indexed by: