PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG GIZI SEIMBANG KEPADA ORANG DEWASA PADA KOMUNITAS PEDULI HIV AIDS KOTA TERNATE 2019

Nani Supriyatni, Andiani Andiani, Agustin Rahayu

Abstract


Gizi pada dewasa awal lebih dibutuhkan untuk mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan. Perubahan yang terjadi pada masa ini salah satunya adalah perubahan komposisi tubuh dan kebutuhan energi. Gizi Dewasa awal terutama wanita mempunyai kepedulian yang lebih besar terhadap masalah penampilan fisik. Pengetahuan gizi membuat mereka lebih mengetahui tentang asupan zat gizi dan prakteknya  Untuk itu perlu dilakukan pendidikan kesehatan berupa penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Metode penelitian yaitu menggunakan desain pre eksperimental dengan menggunakan pendekatan one group pre-post test design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Diketahui nilai signifikansi (2-tailed)  yaitu 0.001 (p < 0.05). sehingga hasil tes awal dan tes akhir mengalami perubahan yang signifikan (berarti). Berdasarkan statistic deskriptif diketahui nilai rata-rata pengetahuan pada tes awal (pre test) sebesar 6.7 dan nilai rata-rata pengetahuan pada tes akhir (post test)  sebesar 8.3 terbukti bahwa tes akhir lebih tinggi. Dapat disimpulkan penyuluhan yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan responden.

Keywords


Penyuluhan, Gizi, Orang dewasa

Full Text:

PDF

References


Asfar, Akbar, and Wa Ode Sri AsnaniaR. 2018. “Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Penyakit Hiv/Aids Di Smp Baznas Provinsi Sulawesi Selatan.” Journal of Islamic Nursing 7(1): 26–31.

Stigma, Terhadap et al. 2017. “Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Hiv-Aids Terhadap Stigma Masyarakat Di Desa Watumea Kecamatan Eris Kabupaten Minahasa.” Jurnal Keperawatan 5(2): 1–5.

Notoatmodjo, S, 2014, Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni, Jakarta: PT. Rineka Cipta;

Notoatmodjo, S, 2010, Ilmu Perilaku kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta;

Notoatmodjo, S, 2007, Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku, Jakarta: Rineka Cipta;

Notoatmodjo,S, 2005, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: PT. Rineka Cipta;

Ariani Putri Ayu,2017, Ilmu Gizi Dilengkapi Dengan Standar Penilaian Status Gizi dan Daftar Komposisi Bahan Makanan: Pelemsari Prenggan, Kota Gede, Yogyakarta.

Kurniasih, dedeh., Hilmansyah, Hilman., dkk, 2010, Sehat & Bugar Berkat Gizi Seimbang, PT Gramedia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/sjpu.v2i2.2282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________

Sinergi Jurnal Pengabdian 
ISSN 2656-4661  
Email: ummat[email protected]
Contact (WA): +62 813-2837-4359

Sinergi Jurnal Pengabdian telah diindeks oleh: