DIKLAT OPTICAL MARK RECOGNITION EVALUATOR SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN EFISIENSI GURU DALAM PEMERIKSAAN DAN ANALISIS HASIL ULANGAN SISWA DI AL-FAJAR ACADEMY MATARAM TAHUN 2020

Syahrir Idris, Irwandi Irwandi

Abstract


Memeriksa dan menganalisis hasil ulangan atau ujian merupakan kegiatan penting dari tugas pokok guru di sekolah. Kegiatan ini cukup menguras waktu dan tenaga, apalagi bagi guru yang mengajar banyak kelas dengan banyak siswa sehingga hal ini menjadi masalah yang harus dijawab oleh guru dan dibantu penyelesaiannya oleh para akademisi. Metode yang digunakan oleh akademisi untuk membantu guru mengatasi permasalahan tersebut adalah diklat singkat dengan teknik presentasi, demonstrasi, latihan, dan penugasan. Optical Mark Recognition (OMR) Evaluator yang dipakai dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah aplikasi seluler yang akan memindai lembar jawaban OMR dan menghasilkan laporan ujian sesuai jawaban spesifik. Diklat ini dapat menjawab dengan baik kebutuhan guru akan metode, teknik, atau strategi yang efektif, efisien, dan akurat untuk meringankan beban kerja mereka dalam memeriksa dan menganalisis ulangan atau ujian siswa.

 

Optical Mark Recognition


Keywords


pemeriksaan; hasil ulangan; OMR Evaluator; efisiensi; akurasi.

Full Text:

PDF

References


OMR Evaluator. Dipetik 16 Mei, 2020, dari https://www.google.com/search?q=omr+evaluator+meaning&oq=omr&aqs=chrome.2.69i57j35i39l2j0l4j69i60.7821j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8.

Optical mark recognition. Dipetik 16 Mei, 2020, dari https://en.wikipedia.org/wiki/Optical_mark_ recognition.




DOI: https://doi.org/10.31764/sjpu.v2i2.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________

Sinergi Jurnal Pengabdian 
ISSN 2656-4661  
Email: ummat[email protected]
Contact (WA): +62 813-2837-4359

Sinergi Jurnal Pengabdian telah diindeks oleh: