Penulisan Karya Ilmiah & PTK bagi Guru KB/TK Untuk Peningkatan Kompetensi Guru

Andi Lopa Ginting

Abstract


Abstrak: Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru TK/KB Al Azzhar Kabupaten Malang dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan di bidang Penelitian Tindakan Kelas sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menghasilkan  karya ilmiah yang berkualitas. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi identifikasi peserta dan target sasaran, persiapan alat dan bahan pelatihan, pemberian materi bagi peserta sasaran, pelatihan dan pendampingan dalam menghasilkan karya ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang guru TK/KB se Kabupaten Malang. Hasil kegiatan menunjukkan peserta sebanyak 10 orang tersebut mampu menerima materi tentang cara melakukan penelitian tindakan kelas dan cara membuat karya Ilmiah bagi Guru TK/KB dan peserta mampu menemukan topik ataupun masalah penelitian yang akan diteliti dalam kegiatan belajar dan mengajar di TK/KB. Kegiatan ini, 10 orang guru tersebut mampu menghasilkan karya ilmiah yang baik dan berkualitas serta mampu memberikan motivasi kepada guru-guru lainnya untuk dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menerima pelajaran di kelas.


Keywords


pengembangan diri, orientasi pada siswa, perbaikan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Ananda, R., Rafida, T. and Syahrum, S. (2015). Penelitian tindakan kelas.

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. Journal of Character Education Society, 3(1), 118-128.

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249-266.

Fitria, H., Kristiawan, M. and Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Happy, Fitria,. (2009). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, Vol. 4, No. 1, April. PGRI Palembang

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1997). The action research planner, Deaken University,

Victoria.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Subali, B. and Guru, S.M.A.N. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disajikan pada Kegiatan Latihan dan Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMAN, 1.

Madya, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Suhardjono, & Supardi (2006) Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

Suparno, P. (2008). Action Research. Riset Tindakan Untuk Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Soedarsono, FX. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Santyasa, I. W. (2007). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (makalah disampaikan dalam Pendidikan dan Pelatihan Metodologi Penelitian, Penyusunan Proposal, dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Buleleng di Univ. Pendidikan Ganesha Singaraja).

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, pp.2721-2572.




DOI: https://doi.org/10.31764/sjpu.v4i1.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________

Sinergi Jurnal Pengabdian 
ISSN 2656-4661  
Email: ummat[email protected]
Contact (WA): +62 813-2837-4359

Sinergi Jurnal Pengabdian telah diindeks oleh: