KURSI BUDAYA: KERAJINAN ECOBRICK SEBAGAI UPAYA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK DAN PENGENALAN BUDAYA

Rahmad Mirdas, Arif Rahman, Muhammad Gunawan, Baiq Harly Widayanti

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk cukup padat. Maka dari itu kebutuhan pokoknya pun ikut melimpah. Tidak lepas dari itu kota Mataram dengan segala aktifitasnya yang padat menimbulkan permasalahan pada lingkungan. Salah satu yang menjadi konsekuensi dari segala aktifitas yang dilakukan yaitu sampah. Karena pada dasarnya setiap aktifitas adalah suatu proses perubahan  zat atau energi dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Tidak dapat di pungkiri sepenuhnya bahwa setiap proses selalu ada sisa yang menjadi sampah atau limbah. Pada umumnya orang beranggapan bahwa sampah adalah suatu masalah yang akan berdampak pada suatu lingkungan maka dari itu keberadaan sampah harus disingkirkan. Padahal yang sebenarnya sampah itu bisa dikelola dengan baik untuk mengurangi dan menanganinya. Terdapat banyak metode untuk memanfaatkan dan mengelola sampah salah satunya yaitu menjadikannya Ecobrick. Ecobrick merupakan salah satu metode memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang berguna dan bernilai jual. Tim kewirausahaan memiliki inisiatif mengelola sampah khususnya pada sampah plastik yaitu sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik dan memanfaatkannya untuk pengenalan budaya. Produk yang akan dibuat oleh tim kewirausahaan yaitu kursi budaya

Keywords


ecobrick, sampah, pengelolaan sampah

Full Text:

PDF

References


Purwaningrum,Primiati. 2016. Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di. Lingkungan. Jurnal Teknik Lingkungan Universitas Trisakti, 12(1): 141-. 147.

Putra, H.P., & Yuriandala, Y.. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan . Volume 2, Nomor 1, Januari 2010,(21‐31)




DOI: https://doi.org/10.31764/sjpu.v4i1.7867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________

Sinergi Jurnal Pengabdian 
ISSN 2656-4661  
Email: ummat[email protected]
Contact (WA): +62 813-2837-4359

Sinergi Jurnal Pengabdian telah diindeks oleh: